Heri Purnomo
Heri Purnomo profesional

Tak ada kata terlambat dalam belajar, kecuali jika jantung telah berhenti berdetak.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Motivasi Menulis:Apa Kata Para Penulis Hebat Dari Masa ke Masa?

2 Oktober 2012   12:25 Diperbarui: 15 Maret 2018   12:08 9996 8 7
Motivasi Menulis:Apa Kata Para Penulis Hebat Dari Masa ke Masa?
13491809591588325960

Banyak kalimat-kalimat motivasi untuk memberikan semangat menulis yang dilahirkan dari pengalaman dan pengamatan para penulis hebat. Para kompasianer dan penulis lainnya mungkin banyak yang sudah pernah membacanya. Namun, saya berfikir tidak ada salahnya saya bagikan juga di kompasiana ini, barangkali sedikit atau banyak bisa bermanfaat untuk menyegarkan kembali dan lebih memotivasi kita dalam kegiatan menulis.

Berbagai macam profesi para penulis semenjak zaman nabi sampai masa kepenulisan di abad 20 ini. Sahabat nabi Ali bin Abi Thalib , ulama besar Imam Al-Ghazali sampai penulis novel abad 20 Pramoedya Ananta Toer dan JK Rolling turut memberikan nasehat kepada semua penulis di muka bumi ini.

Jika kita pikir, sungguh hebat mereka terutama para penulis seperti Imam Al-Ghazali yang menuliskan karya besar dan sampai saat ini buku-bukunya tetap relevan menjadi rujukan dalam keilmuan masa kini. Padahal di zamannya teknologi penulisan belum semudah seperti sekarang. Saat ini kita menulis dan mempublikasikannya demikian mudah dengan hadirnya teknologi internet. Kemudahan ini tentunya bisa menjadi nilai tambah buat penulis-penulis sekarang. Karena apa, untuk mencari referensi pun jika tak memiliki koleksi pustaka yang banyak, kita bisa melakukan browsing atau berselancar di internet yang menyediakan informasi melimpah.

Di atas semua itu, kita ingin mendapatkan mutiara hikmah yang disarikan dari ketekunan mereka dalam menuliskan gagasan dan pemikiran selama hidupnya. Apa saja yang mereka nasehatkan untuk kita ?

Ali Bin Abi Thalib ra  ( Sahabat Rasulullah )

  • “Ikatlah ilmu dengan menulis” .

Imam Al-Ghazali ( Ulama termasyur )

  • “Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”.

Fatimah Mernissi

  • "Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa"
Barbara
  • “Menulis merangsang pemikiran, jadi saat anda tidak bisa memikirkan sesuatu untuk di tulis, tetaplah mencoba untuk menulis”.

Stephen King (Penulis Amerika)

  • “Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan nafas hidupnya.”
  • “Ketika seorang penulis hanya menunggu, maka sebenarnya ia belum menjadi dirinya sendiri”
  • “Kita tidak harus menunggu datangnya inspirasi itu kita sendirilah yang menciptakannya”
  • “Membaca adalah pusat yang tidak bisa dihindari oleh seorang penulis”
  • “Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya”

Pramoedya Ananta Toer  ( Novelis Indonesia )

  • “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

J.K. Rowling ( Novelis  )

  • “Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”.

Kuntowijoyo ( Penyair )

  • “Syarat untuk menjadi penulis ada tig, yaitu: menulis, menulis, menulis”

Hernowo  ( Penulis )

  • “Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik

Mungkin masih banyak kalimat-kalimat motivasi dari penulis-penulis lain, silahkan jika ada yang bersedia berbagi  di kotak komentar atau berbagi link menuju artikel lain.

Akhirnya, selamat menulis. Semoga kita semua senantiasa diberikan semangat dan kesetiaan oleh Tuhan agar dapat menuangkan segala hal dalam kehidupan ini ke dalam tulisan yang membawa manfaat, hingga akhir hayat. Amin.

#Jakarta, 2 Oktober 2012