Mohon tunggu...
Heri Mahbub Nugraha
Heri Mahbub Nugraha Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Khidmatul Quran di Penyebaran Mushaf dan Nilai-Nilai

Pembelajar Al-Quran Sejati yang selalu berusaha menjadi lebih baik, mencari makna kehidupan dan perjalanan spiritual untuk kebahagiaan di Al-Quran Cordoba. Semoga bermanfaat dan meraih keselamatan dunia dan akhirat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

8 Resolusi Menghafal Al-Quran Semua Bisa Menjadi Hafiz

21 Februari 2024   14:40 Diperbarui: 21 Februari 2024   14:47 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
qurancordoba.com Metode Hafalan Mudah 

Seseorang biasanya membuat resolusi untuk rencana duniawinya, jarang yang membuat resolusi untuk akhiratnya, menjelang bulan Ramadan zaman now, perlu kita membuat rencana yang berkaitan dengan Al-Quran, tilawah atau khususnya menghafalnya, berikut ulasannya.

Resolusi adalah janji yang dibuat pada diri sendiri untuk memulai sesuatu yang baik dan menghentikan kebiasaan yang buruk mulai dari hari pertama sejak awal tahun. Dengan kata lain, resolusi maksudnya membuat keinginan atau cita-cita yang dituangkan dalam rencana baik tertulis maupun tidak tertulis. Selanjutnya resolusi Tahfiz menghubungkan dengan Al-Quran, membuat Resolusi menjadi Hafiz Quran.

Ada 2 dimensi dalam menghafal Al-Quran, yaitu dunia dan akhirat. Seperti dalam keutamaan menghafal Al-Quran, memang ada keutamaan dimensi dunia dan dimensi akhirat. Yang menjadi pertanyaannya apa yang dikejar dalam tahfiz Quran? Apa tujuan menghafal Quran?  Maka harus berdimensi akhirat. Resolusi baru jadi hafiz Quran harus diniatkan untuk akhirat, orientasi ukhrawi, tujuanya ikhlas karena Allah.

Berikut adalah 8 delapan resolusi untuk meningkatkan proses menghafal Al-Quran di masa depan:

  1. Konsistensi dalam Waktu Hafalan:
    • Resolusi: Saya akan menetapkan jadwal harian yang konsisten untuk menghafal Al-Quran. Saya akan menyediakan waktu tetap setiap hari untuk fokus pada hafalan tanpa terganggu oleh hal-hal lain.
  2. Teknik Pembelajaran yang Efektif:
    • Resolusi: Saya akan mencari dan mempelajari teknik-teknik baru untuk memperbaiki metode hafalan saya. Saya akan mencoba variasi metode, seperti penggunaan aplikasi penghafalan, metode memvisualisasikan ayat-ayat, dan penggunaan tajwid warna.
  3. Memperdalam Pemahaman Makna Ayat:
    • Resolusi: Saya akan mengalokasikan waktu ekstra untuk memahami makna ayat-ayat yang saya hafal. Saya akan merujuk kepada tafsir dan berkonsultasi dengan para ulama untuk memastikan pemahaman saya lebih dalam.
  4. Menggunakan Dzikir Sebagai Pendukung Hafalan:
    • Resolusi: Saya akan memperkuat hafalan saya dengan dzikir dan doa setelah setiap sesi menghafal. Saya akan menghubungkan setiap hafalan dengan keberkahan dan menyertakannya dengan doa agar mudah diingat dan bermanfaat.
  5. Membangun Konsistensi dalam Tilawah Harian:  
    • Resolusi: Saya akan membiasakan diri untuk membaca Al-Quran setiap hari, bahkan jika hanya beberapa halaman. Ini akan membantu dalam mempertahankan dan memperkuat hafalan serta menjadikan Al-Quran sebagai teman sehari-hari.
  6. Berteman dengan Penghafal Lainnya:
    • Resolusi: Saya akan mencari komunitas atau teman penghafal Al-Quran. Bersama-sama, kita dapat memberikan dukungan, berbagi tips, dan saling mendorong dalam perjalanan menghafal Al-Quran.
  7. Menetapkan Tujuan Hafalan yang Realistis:
    • Resolusi: Saya akan menetapkan tujuan hafalan yang realistis dan terukur. Saya akan merinci target mingguan atau bulanan untuk memantau kemajuan saya dan menyesuaikan rencana hafalan jika diperlukan.
  8. Evaluasi dan Perbaikan Diri:
    • Resolusi: Saya akan mengevaluasi perkembangan hafalan saya secara berkala. Jika ada kesulitan atau tantangan, saya akan mencari solusi, baik dari pengalaman pribadi, membaca literatur, atau meminta bantuan dari mereka yang lebih berpengalaman.
    • Capture Video YT Quran Cordoba
      Capture Video YT Quran Cordoba

Simpulan dari resolusi menghafal Al-Quran, ada 3 yaitu:

1.            Bersyukur bersama Al-Quran, berapapun hafalan yang kita miliki

2.            Tingkatkan sabar murajaah mengulang hafalan Al-Quran

3.            Istikamah sepanjang hayat dengan Al-Quran

Semoga resolusi-resolusi ini membantu memperbaiki dan meningkatkan pengalaman menghafal Al-Quran di masa depan. Kesungguhan, konsistensi, dan niat yang tulus akan membawa keberhasilan dalam perjalanan ini. Insyaallah

Oleh: Heri Mahbub Nugraha, Khadimul Al-Quran di Quran Cordoba.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun