Mohon tunggu...
Heri Heryanto
Heri Heryanto Mohon Tunggu... Lainnya - 85

Saya seorang PNS dan Mahasiswa di USNI Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Perangkat RT dalam Pengendalian Corona

21 Juni 2021   21:18 Diperbarui: 21 Juni 2021   21:55 12 0 0 Mohon Tunggu...

Pesanggrahan, Jakarta- Mudik Lebaran memang menjadi sebuah tradisi bagi umat muslim setiap tahunnya, khususnya bagi mereka yang bekerja di luar kota. Mudik dijadikan sebagai momen untuk silaturahmi, sebagai pengingat asal-usul, berbagi rezeki dan juga sebagai terapi psikologis bagi pelaksananya.

Namun dimasa pandemi ini tentunya fenomena tersebut menimbulkan kekhawatiran akan melonjaknya penyebaran kasus Covid-19, potensi lonjakan penyebaran kasus Covid-19 bukan hanya pada saat mudik saja tetapi juga pada saat arus balik terjadi. Peran aparatur pemerintah sampai dengan jenjang terendah yaitu Ketua RT menjadi sangat penting dalam upaya pengendaliannya.

Lonjakan kenaikan kasus Covid-19 akibat dari mudik lebaran nyata terlihat, hal tersebut berdasarkan hasil penelusuran di RT.009/002 Kelurahan Pesanggrahan Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan.

"Pendataan kepada warga yang mudik dan telah Kembali ke rumah setelah mudik telah kami lakukan semenjak bulan Mei kemarin, hasilnya dari jumlah penduduk menurut usia 18 s.d 50 tahun sebanyak 2225 ribu jiwa s.d saat ini baru 4 orang yang terindikasi positif Covid-19". Tutur Ketua RT.009/002 pada Senin, 21/6.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan pendampingan dari para kader-kader Dasawisma di lingkungan RT.009 pada para lansia maupun pra lansia turut membantu minimnya jumlah kasus Covid-19 di lingkungan RT.009/002 Kelurahan Pesanggrahan.

"Alhamdulillah s.d saat ini masih dapat terkendali, hal ini karena PPKM dan kontribusi para Kader Dasawisma yang secara kontinyu terus melakukan pendataan dan penadampingan kepada para warga khususnya pada para lansia dan pralansia". Ujar Wanita dengan 3 orang anak tersebut.

 Mudik memang menjadi tradisi bagi masyarakat muslim Indonesia, tetapi disaat pandemic seperti sekarang ini tentunya harus bijak dalam melaksanakannya demi mengurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Peran unsur pemerintah pusat s.d RT menjadi penting sebagai actor utma pengendalian pandemic ini. Semoga kesadaran masyarakat semakin meningkat dan unsur pemerintah tetap semangat untuk tiada henti berjuang demi selesesainya pandemi ini.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN