Mohon tunggu...
Heri Heryanto
Heri Heryanto Mohon Tunggu... 85

Saya seorang PNS dan Mahasiswa di USNI Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dengan Kuliah Daring Jadi Banyak Waktu untuk Keluarga

7 Juni 2021   19:53 Diperbarui: 7 Juni 2021   20:02 31 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dengan Kuliah Daring Jadi Banyak Waktu untuk Keluarga
Foto: Dokumentasi Pribadi

Mampang,Jakarta- Dimasa pandemi covid-19 ini pelaksanaan perkuliahan di kampus tidak bisa dilakukan secara langsung atau tatap muka. Hampir setiap kampus di Jakarta menerapkan system pembelajaran secara daring.

Pembelajaran daring ini bisa jadi melegakan bagi para mahasiswa karena memiliki waktu luang yang lebih dibandingkan pada saat pembelajaran tatap muka, khususnya bagi mereka yang kuliah sambil bekerja. Namun, perubahan pola pembelajaran ini juga membuat banyak mahasiswa kaget dan menemui kesulitan

Hal tersebut seperti yang disampaikan oleh Rian pada Senin (7/6) disela-sela kesibukannya sebagai Pegawai Hononer di salah satu instansi pemerintahan di bilangan Mampang Prapatan.

"Kuliah seperti ini ada nilai positif dan negatifnya. Positifnya salah satunya saya punya waktu luang untuk keluarga, kini saya hampir setiap hari bisa nemenin sikecil, biasanya hanya 2-3 hari dalam seminggu bisa ketemu si kecil, maklum saya kan ngambil kuliah sore". Ujarnya.

"Sisi negatifnya banyak sebenarnya, tapi yang sangat saya rasakan adalah masalah pembagian waktu antara kerja dengan jadwal kuliah daring  apalagi pas UTS kemarin, kerjaan lagi deadline di tambah berbarengan waktu UTS, jadinya malah gk focus". Kata pria dengan 2 orang anak ini.

Rian yang merupakan mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta Selatan jurusan Manajemen SDM yang kini sudah semester 4 ini mulai rindu dengan suasana kampus.

"Bosan juga kalo seperti ini terus (belajar online), harusnya kampus bisa mempertimbangkan untuk penjadwalan metode tatap muka sekali-kali. Yah, minimal 1 kali dalam seminggu agar nuansa kuliahnya dapat." Ungkapnya.

VIDEO PILIHAN