Mohon tunggu...
Heri Anggara
Heri Anggara Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya sebagai pengajar Guru Produktif di SMKS Informatika Sumedang, kesibukan saya selain mengajar mengikuti acara-acara budaya yang ada di Sumedang.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menjadi Guru Berbeda dengan Guru Jadi

6 Desember 2022   18:02 Diperbarui: 6 Desember 2022   18:14 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Guru kata tersebut sering kali terdengar dengan jelas, bahkan kita sering mendengar sebutan bahwa guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa. Guru di identikan sosok yang serba tahu tempat bertanya para siswa-siswinya, sehingga guru patut dijadikan panutan dan juga suri teladan bagi anak didiknya bahkan diberikan amanah sama orang tua siswa untuk mendidik anaknya supaya pintar dan cerdas.

Dari amanah yang dipercayakan orang tua para peserta didik tersebut merupakan amanah yang begitu berat yang harus di emban guru. Walaupun pada hakikatnya bukanlah guru yang mencerdaskan anak didiknya karena kecerdasan, kepintaran itu di anugrahkan dari sang Pencipta. Pada kesempatan ini penulis tergelitik dengan sebuah kalimat "Menjadi Guru Berbeda dengan Guru Jadi". Penulis kemudian merenung, bertanya kepada diri, apa itu makna  kata guru?. 

Dan penulis pun mencari sumber dengan membuka KBBI  dan mencari kata guru. Dalam KBBI tersebut guru diartikan yaitu orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. 

Penulis masih belum puas dengan definisi guru yang ada di KBBI tersebut kemudian penulis mencari lagi makna yang filosofis dengan rasa kearifan lokal diantaranya di tanah sunda sering mendengar dari orang tua dulu "Guru teh digugu jeung ditiru" yang berarti guru itu akan diikuti kemudian ditiru. 

Dari arti makna kata guru tersebut penulis masuk ke dalam diri dengan membawa kalimat yang menggelitik tersebut. Setelah direnungi kemudian diolah di dalam rasa sanubari penulis mendapatkan jawaban terkait menjadi guru berbeda dengan guru jadi yaitu:

1. Menjadi guru bukan hanya mengajarkan ilmu pengetahuan

2. Menjadi guru bukan hanya memberi tahu kepada peserta didiknya

3. Menjadi guru bukan hanya terdaftar  di DAPODIK

4. Menjadi guru bukan hanya meberikan sanksi

5. Menjadi guru bukan hanya profesi

tapi Guru jadi yaitu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun