Mohon tunggu...
Herry Gunawan
Herry Gunawan Mohon Tunggu... seorang pemuda yang peduli

Saya seorang yang gemar fotografi dan travelling

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jangan Menjadi "Virus Negatif" di Tengah Pandemic Virus Corona

8 April 2020   05:59 Diperbarui: 8 April 2020   05:58 37 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jangan Menjadi "Virus Negatif" di Tengah Pandemic Virus Corona
Hoaks Corona - kompas.tv

Penyebaran virus corona di Indonesia masih terus terjadi. Meski sudah mencapai seribu lebih yang dinyatakan positif, penyebaran virus di negeri ini diperkirakan belum sampai puncaknya. Tak terbayang berapa penambahan orang yang dinyatakan positif oleh juru bicara penanganan covid-19 yang diumumkan setiap jam 15.30 WIB.

Setiap sore, selalu saja penambahan korban. Dan setiap hari, mungkin juga banyak petugas medis yang terpapar, bahkan mungkin meninggal, tapi tidak pernah disebutkan.

Disisi lain, dalam kondisi pandemic corona di negeri ini, masih saja ada pihak secara sengaja menebarkan informasi bohong ataupun provokasi untuk membuat keresahan masyarakat.

Dan keresahan itulah yang membuat suasana di tengah pandemic ini menjadi tidak menentu. Padahal, dalam kondisi social distancing ini, harus saling menguatkan satu sama lainnya. Harus saling mengingatkan, agar penyebaran virus tidak terus meraja lela.

Penyebar hoaks di tengah pandemic ini sudah ada yang ditangkap. Namun, perilaku masyarakat yang mudah menyebarkan informasi hoaks tersebut, tidak bisa memutus rantai informasi hoaks.

Ruang gerak hoaks harus dari kita sendiri yang memutus. Dan untuk memutus rantai tersebut, diperlukan kesadaran dan literasi yang kuat. Dengan melakukan hal tersebut, maka kita akan bisa membedakan mana informasi bohong mana informasi yang valid.

Begitu juga dalam suasana pandemic corona seperti sekarang ini. Menguatkan literasi wajib dilakukan. Semua orang harus paham tentang apa itu covid-19, bagaimana penyebarannya, bagaimana tahapan seseorang bisa dinyatakan positif, bagaiamana agar terhindar, dan lain sebagainya. Semuanya itu bisa dipelajari melalui smartphone kita masing-masing.

Dalam suasana pandemic semestinya harus saling menguatkan satu yang lain. Saling caci, saling mencari kesalahan, saling provokasi atau yang lainnya, semestinya tidak terjadi lagi.

Ingat, kita tidak bisa melihat yang namanya virus covid-19 ini. Jika kita bisa melihat virus tersebut, mungkin dengan mudah kita akan mengusirnya.

Namun karena virus itu tak terlihat, sekali lagi diperlukan kesadaran bersama untuk saling menguatkan. Jangan menjadi 'virus' di tengah pandemic virus corona ini.

Mari kita lepaskan segala jenis virus yang ada di negeri ini, termasuk virus menebar kebencian dan provokasi. Jagalah negeri ini dari segala virus mematikan, agar masyarakatnya sehat semuanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN