Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan sejak tahun 2011 dan pada 4 Mei 2012 menjadi Kompasianer.

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Shin Tae-yong Turunkan 7 Pemain Baru sebagai "Starter" Lawan Brunei

18 Oktober 2023   06:05 Diperbarui: 18 Oktober 2023   06:38 471
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Shin Tae yong kembali menurunkan Hokky Caraka di leg kedua lawan Brunei (Foto Dok. PSS Sleman via Kompas.com). 

Shin Tae yong menurunkan 7 pemain baru sebagai starter dalam laga leg kedua menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam di Stadion Sultan Hasanal Bolkiah, Selasa (17/10/23) mulai pukul 19.00 WIB. 

Mereka adalah Ernando Ari, Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Rachmat Irianto, Fachruddin Aryanto, dan Shayne Pattynama. 

Hanya ada 4 pemain yang kembali bermain sebagai starter seperti pada leg pertama yaitu Rizky Ridho, Sandy Walsh, Hokky Caraka, dan Dendy Sulistyawan. 

Perubahan susunan pemain sebagai starting line up ini merupakan upaya coach Shin Tae yong dalam merotasi skuad asuhannya. 

Hal ini penting untuk memberikan jam terbang yang seimbang bagi semua pemain di Timnas Indonesia sekaligus meracik taktik yang tepat menghadapi lawan-lawan.  

Sebenarnya bagi coach Shin Tae yong, laga leg kedua melawan Brunei ini hanya formalitas untuk melengkapi kemenangan 6-0 di leg pertama. Karena satu hal yang mustahil Brunei  bisa membalikkan keadaan menang telak atas Indonesia. 


Laga yang berlangsung di Bandar Seri Begawan tersebut lebih dimanfaatkan untuk mencoba beberapa pemain dengan posisi-posisi tertentu dan memberikan debut bagi pemain muda di Timnas Indonesia. 

Dua pemain yang bermain di Eropa, Sandy Walsh dan Sayne Pattynama oleh Shin Tae yong dikembalikan pada posisi asli seperti bermain di klub mereka yaitu full back. 

Sandy di area bek kanan yang menjadi tempat Asnawi Mangkualam. Sedangkan Shayne ada pada posisi bek kiri yang menjadi area Pratama Arhan. 

Dalam laga tersebut merupakan debut bagi Arkhan Fikri yang masuk pada babak kedua menggantikan peran dari Ricky Kambuaya. Pada laga leg pertama di Jakarta, Hokky Caraka sudah melakukan debutnya. 

Terlepas lawan yang mereka hadapi adalah Brunei Darussalam dengan level yang ada di bawah Timnas Garuda, tapi secara keseluruhan performa skuad asuhan coach Shin ini bermain cukup mengesankan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun