Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

"September Ceria ", Kisah Lansia 66 Tahun yang Waspada Pikun dan Covid-19

1 September 2022   00:06 Diperbarui: 1 September 2022   00:21 273 16 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Foto by iStockphoto. 

Menurut World Health Organization (WHO), lansia adalah seseorang yang telah memasuki usia 60 tahun keatas. Lansia merupakan kelompok umur manusia yang telah memasuki tahapan akhir dari fase kehidupannya. 

Kita memang harus memahami bahwa Lansia merupakan tahap lanjut dari suatu proses kehidupan. Pada umumnya pada proses itu terjadi adanya penurunan kemampuan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. 

Salah satu penurunan kemampuan dari seorang Lansia adalah pikun selain komorbiditas yang banyak terjadi secara umum. Jangan sekali-kali menyepelekan pikun, karena hal itu sangat berperan pada kesehatan mental seorang Lansia. 

Berbicara tentang lansia ada sosok yang sudah memasuki masa pensiun pada tahun 2011 yang lalu. Artinya tahun 2022 sosok ini sudah menjalani purnakaryanya selama 11 tahun. 

Saat itu ketika dirinya pensiun, sungguh sangat beruntung bisa berkenalan dengan Kompasiana yang penuh pesona pada tahun 2012. Maka usai pensiun tersebut, sosok ini bergabung pada 4 Mei 2012 sebagai kontributor konten di Kompasiana. 

Sebagai kontributor konten, sosok ini sangat bersyukur bisa bertemu dan jatuh cinta pada Kompasiana. Bercengkerama setiap harinya dengan artikel-artikel hasil karyanya. 

Kompasiana adalah sebuah platform blog keroyokan yang lahir pada 22 Oktober 2008. Di sini adalah tempat bermukimnya para penulis hebat dengan berbagai latar balakang profesi. 

Demikian pula Kompasiana merupakan sebuah media publikasi online yang selalu menyajikan pemberitaan setiap hari. Banyak sajian rubrik dengan kategori dari fiksi, non fiksi, humaniora sampai politik dan olah raga.  

Di sana ada kontributor konten yang berlatar belakang Jurnalis atau mantan Jurnalis dari media top di Indonesia, Dosen, Peneliti, Ahli Ekonomi, Pengusaha, Politikus, Mahasiswa, Purnawirawan dan Purnakaryawan.  

Bersama Kompasiana sosok ini menjalani aktivitas sehari-harinya dalam berkarya literasi. Dulu waktu belum pensiun, dirinya aktif dalam dunia penelitian dengan sejumlah artikel yang berhasil hadir sebagai karya-karya tulis ilmiahnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan