Mohon tunggu...
AkiHensa
AkiHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Idul Fitri dan Pentingnya Mempererat "Tali Silaturahim"

9 Mei 2022   18:18 Diperbarui: 9 Mei 2022   18:26 577 20 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Foto by Pexels-photo. 

"Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya, dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (Q.S. An-Nisaa : 1).

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka muliakanlah tamunya. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka sambunglah tali silaturahim. Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka katakanlah yang baik atau diam" (HR. Bukhari).

Untaian kalimat-kalimat dalam Kitab Al Quran dan hadis tersebut sudah cukup jelas. Firman Allah dan sabda RasululNya itu menjadi pedoman bagi umatnya untuk saling menjaga hubungan baik di antara kita. 

Selain hubungan baik di antara kerabat dekat juga hubungan baik bagi sesama manusia. Itulah makna sesungguhnya dari kemampuan kita memaknai hari Idul Fitri, hari dimana para jiwa berhasil meraih kemenangan. 

BACA JUGA : Idul Fitri dan Kebersihan Hati. 

Momen Lebaran atau Idul Fitri ini adalah waktu yang baik untuk kembali menjalin hubungan baik di antara karib dan kerabat dekat maupun kerabat jauh. Saatnya kembali menjalin tali silaturahmi

Terutama kerabat dekat yang sudah dua tahun ini tidak pernah dikunjungi karena alasan pandemi covid19, maka inilah saatnya beranjang sana kepada mereka.  

Bagi mereka yang masih memiliki orang tua, sudah dipastikan saatnya mudik bersilaturahim kepada orang tua yang melahirkan dan membesarkan kita. 

Memuliakan orang tua adalah kewajiban bagi anak-anak. Berbahagialah bagi mereka yang saat ini masih memiliki orang tua, syukur masih lengkap dengan Ibu dan Ayah. 

Beliau-beliau ini adalah ladang bagi kita untuk meraih Ridho Allah dengan cara mengabdi sepenuhnya kepada mereka. Restu orang tua adalah gambaran dari ridho dari Allah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Lihat Kisah Untuk Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan