Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal Kandaskan Azerbaijan 3 Gol Tanpa Balas

8 September 2021   05:11 Diperbarui: 8 September 2021   06:24 135 18 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal Kandaskan Azerbaijan 3 Gol Tanpa Balas
Slebrasi skuad Portugal mengalahkan 3-0 atas Azerbaijan (Foto AFP/Tofik Barbayev vis Kompas.com)

Portugal bermain tanpa Cristiano Ronaldo, berhasil menang 3-0 atas tuan rumah Azerbaijan di Baku Olimpic Stadioum, Selasa (7/9/21) pukul 23.00 WIB. Tiga gol Portugal dicetak Bernardo Silva, Andre Silva dan Diogo Jota. 

Dengan kemenangan ini Portugal kembali merebut puncak klasemen grup A dengan 13 poin dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka unggul 2 poin dari Serbia yang menduduki posisi kedua dalam 5 laga yang telah dijalani.  

BACA JUGA : Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Dihentikan, Brasil atau Argentina yang Kena Sanksi FIFA?

Ronaldo yang kini sudah berada di Manchester, tidak bisa memperkuat negaranya dalam laga ini karena mendapat hukuman akumulasi kartu kuning. Meskipun demikian Portugal terlalu kuat, bukan lawan yang seimbang bagi tuan rumah Azerbaijan. 

Pelatih Fernando Santos menurunkan formasi 4-3-3 dengan menempatkan trio penyerang Bernardo Silva, Andre Silva dan Diogo Jota. Posisi Ronaldo dalam trio tersebut diganti oleh Andre Silva. 

Di lini tengah ada trio Bruno Fernandes, Joao Palhinha dan Joao Moutinho. Mereka merupakan gelandang penghubung yang bertanggung jawab pada keseimbangan permainan. Selain melindungi lini pertahanan juga memberikan dukungan dalam serangan. 

Duet bek tengah Pepe dan Ruben Dias tetap menjadi pilihan coach Santos. Mereka didukung duet full back, Joao Cancelo dan Rphael Guerrero. Sementara di bawah mistar ada penjaga gawang Rui Patricio. 

Dengan komposisi seperti ini saja, Azerbaijan tidak berkutik menghadapi Portugal. Tim tamu menguasai permainan dengan 17 peluang tembakan dengan 7 tembakan ke gawang yang tepat sasaran dan 3 gol diantaranya. 

Sementara itu Azerbaijan tidak satupun tembakannya on target ke gawang Rui Patricio yang malam itu lebih banyak nganggur. Portugal sangat mendominasi permainan sampai penguasaan bola sebesar 66 persen. 

Gol pertama dicetak oleh Bernardo Silva ketika laga baru berjalan 26 menit. Gol pembuka ini merupakan asis dari Bruno Fernandes. Hanya 5 menit kemudian giliran Andre Silva menjebol gawang Azerbaijan yang dikawal oleh Shakhruddin Magomedaliyev. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan