Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Fenomena Kejutan Turki dan Armenia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

2 April 2021   06:39 Diperbarui: 2 April 2021   07:31 483 27 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fenomena Kejutan Turki dan Armenia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa
Para bintang tim favorit juara grup pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa (Foto Goal.com)

Jeda International FIFA baru saja berakhir pada akhir Maret kemarin. Kualifikasi Piala Dunia zona Eropa juga sudah menyelesaikan putaran pertamanya untuk 10 grup dari A hingga J. 

Agenda tersebut berlangsung sejak Maret 2021 hingga Maret 2022, Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa (UEFA) resmi bergulir. Sebanyak 55 negara Eropa ini saling bersaing untuk mendapatkan 13 slot ke putaran final di Qatar tahun 2022. 

Usai agenda putaran pertama berakhir, hangat dibicarakan oleh para pengamat tentang fenomena yang ditampilkan dua tim yang tampil mengejutkan yaitu Armenia dan Turki. Mereka memimpin klasemen di grup mereka masing-masing.

BACA JUGA : Inggris Sempurna, Harry Maguire Jadi Pahlawan dalam Laga Lawan Polandia

Portugal memimpin grup A, Spanyol untuk grup B, Italia di grup C, Prancis di grup D, Belgia di grup E, Denmark di grup F, Turki di grup G, Kroatia di grup H, Inggris di grup I dan Armenia di grup J.  

Bagaimana aturan untuk zona Eropa ini bisa lolos ke putaran final Piala Dunia Qatar 2022? UEFA memiliki jatah 13 negara untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2022. 

Sepuluh juara grup secara otomatis akan lolos langsung ke putaran final di Qatar 2022, sementara tiga tiket tersisa diambil lewat jalur ronde kedua.

Pada Ronde kedua ini akan melibatkan 12 negara, yang terdiri dari 10 tim yang finis  runner-up  ditambah dua negara lain dari para juara grup di UEFA Nations League yang belum lolos. 

Dua belas tim tersebut kemudian dibagi ke dalam tiga grup. Kemudian para Pemenang dari tiap grup akan lolos ke Qatar 2022. 

Setelah selesai menjalani putaran pertama kualifikasi tersebut pada bulan Maret ini, ada yang sangat menarik dibahas yaitu kejutan dari penampilan Turki dan Armenia. Dua negara ini memimpin pengumpulan poin dalam klasemen sementara grup mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN