Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Shin Tae Yong : Garuda Muda Sepak Bola Bukan Sekedar Menang dan Kalah

16 Oktober 2020   05:30 Diperbarui: 16 Oktober 2020   09:59 271 41 14 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Shin Tae Yong : Garuda Muda Sepak Bola Bukan Sekedar Menang dan Kalah
Timnas Garuda Muda (Foto PSSI.org) 

Kemenangan memang penting dalam meraih juara pada suatu turnamen. Tetapi bagi skuad Timnas Garuda U-19 jauh lebih penting lagi mampu meletakkan pondasi sepakbola dengan benar dan tepat. 

Timnas Indonesia U-19 sudah lebih dari satu bulan menjalani uji coba di Kroasia sejak 30 Agustus 2020. Pemusatan latihan di sana sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 di Uzbekistan dan Piala Dunia FIFA U-20 di Indonesia.

Bukan hal yang mudah menjalani pemusatan latihan di negeri orang dalam suasana pandemic Covid-19. Tantangan mereka sangat berat namun dijalani dengan penuh semangat.

Salut untuk anak-anak muda harapan Bangsa ini. Mereka berlatih luar biasa, penuh dedikasi. 

Karena mereka tahu bahwa semua biaya yang dikeluarkan untuk pemusatan latihan di Kroasia ini adalah dari APBN alias uang rakyat. 

Di bulan pertama, Timnas Garuda Muda mencatat kekalahan dari Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7), imbang lawan Arab Saudi (3-3). 

Setelah itu Timnas Indonesia U-19 sekali menang dan satu kali imbang lawan Qatar (2-1 dan 1-1), namun kalah dari Bosnia (0-1).  Melawan level klub, mereka menang atas Dinamo Zagreb (1-0) dan klub NK Dugopolje (3-0).

Pada bulan kedua ini, Garuda Muda menang 4-1 atas Makedonia Utara, kemudian imbang tanpa gol pada laga kedua mereka. 

Agenda uji coba masih akan dijalani Garuda Muda yaitu melawan Bosnia dalam dua laga. Kemudian satu laga lagi melawan salah satu klub Liga Kroasia. 

Melihat lawan-lawan yang dihadapi Garuda Muda khususnya tim asal Eropa yang memiliki postur tubuh tinggi dan kekar, menjadi pelajaran berharga bagi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN