Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

La Liga Segera Menyusul Bundesliga?

10 Mei 2020   05:44 Diperbarui: 10 Mei 2020   05:42 71 25 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
La Liga Segera Menyusul Bundesliga?
Lionel Messi (Foto Getty Images) 

Salah satu kompetisi sepakola di Eropa yang banyak penggemarnya adalah La Liga Spanyol. Mungkin karena di sana ada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebelum pindah ke Juventus.

Kabar bergulirnya kembali Bundesliga di Jerman telah menggairahkan beberapa Negara tetangga seperti Inggris, Spanyol dan Italia yang saat ini menunjukkan tanda-tanda ingin melanjutkan kompetisi mereka hingga usai. Kompetisi La Liga di Spanyol dihentikan karena wabah virus corona sejak pertengahan Maret.

Sebuah media terkemuka di Spanyol Marca.com menulis sebuah judul,  "The return of football: Masks, police, tests for players and new rules". Hal itu jelas memberikan petunjuk bahwa denyut kompetisi sudah mulai terasa kembali.

Menurut Marca.com (6/5/20), sejumlah klub La Liga Spanyol memasuki tahap pertama dalam upaya mereka kembali menjalani latihan. Ada beberapa prosedur yang harus mereka lalui tahapannya untuk memenuhi protocol kesehatan sesuai standar WHO.

Dari tahapan tersebut, tahapan yang paling penting adalah menjalani tes Covid-19 sebelum beraktivitas dalam sesi latihan. Selain juga tetap menerapkan procedural aturan pengamanan jaminan kesehatan dalam mencegah paparan Vicod-19.

Tercatat 3 klub besar, Real Madrid, Barcelona dan Valencia yang seluruh pemainnya mulai melakukan test Covid-19. Selain itu seluruh tim peserta kompetisi harus mentaati peraturan ketat. Protokol kesehatan WHO harus dijalani oleh para pemain, pelatih, dan ofisial tim saat mereka tiba di tempat latihan.

Mereka harus menggunakan masker dan sarung tangan selama di tempat fasilitas latihan. Demikian pula harus mejaga jarak diantara mereka. Setiap komunikasi harus dilakukan dalam jarak minimal dua meter. Hal ini juga erlaku agi para awak media yang akan meliput kegiatan para pemain.

Marca.com (6/5/20) juga mewartakan bahwa beberapa pemain Barcelona mulai hadir dalam sesi latihan mereka. Sergi Roberto adalah pemain pertama yang hadir di tempat latihan Barcelona.

Kemudian disusul Arturo Vidal, Antoine Griezmann, Clement Lenglet, Riqui Puig, Ivan Rakitic, Lionel Messi dan Luis Suarez juga hadir datang menggunakan masker dan sarung tangan. Sedangkan Gerard Pique adalah pemain terakhir yang datang.

Barcelona menjalani tes corona pada Rabu (6/5). Blaugrana menyatakan seluruh pemainnya negatif corona. Lionel Messi dan kawan-kawan diperkenankan memulai latihan bersama dengan mengikuti protokol keselamatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x