Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ajax Amsterdam Gagal Juara Eredivisie dan Komentar Edwin van der Sar

25 April 2020   06:46 Diperbarui: 25 April 2020   07:19 88 21 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ajax Amsterdam Gagal Juara Eredivisie dan Komentar Edwin van der Sar
Skuat Ajax (Foto Skysports.com) 

Pandemi Covid-19 kembali menelan korban kompetisi sepakbola di Eropa. Setelah Liga Belgia, kali ini Liga Belanda, Eredivisie menghentikan kompetisi secara resmi.

Berbeda dengan Liga Belgia yang menentukan juara mereka yaitu Club Brugge, Liga Belanda memutuskan tidak ada juara dan tidak ada promosi-degradasi. Dengan demikian musim Eredivisie di Belanda berakhir tanpa juara, ini juga berarti pemimpin klasemen liga, Ajax Amsterdam telah ditolak gelarnya.  

Hasil itu merupakan keputusan resmi dari Federasi sepakbola Belanda (KNVB) menyusul kesepakatan yang dicapai melalui rapat konferensi video dengan semua anggota klub.  Juga diputuskan tidak ada promosi ke Eredivisie atau degradasi dari papan atas.

BACA JUGA : Apa Kabar Philippe Coutinho?

Saat ini Ajax berada di puncak klasemen Eredivisie. Mereka memiliki poin yang sama dengan AZ Alkmaar hanya unggul selisih gol. Sebenarnya masih ada sembilan putaran pertandingan untuk dimainkan ketika musim ditangguhkan akibat pandemi coronavirus.

Edwin van der Sar (Foto Skysports.com) 
Edwin van der Sar (Foto Skysports.com) 

Menggapi hasil ini CEO Ajax, Edwin van der Sar hanya pasrah menyanggupi apa yang sudah diputuskan.

"Sebagai pemain dan sebagai klub Anda tentu ingin menjadi juara. Anda ingin menunjukkannya di lapangan dan kami berada di puncak sepanjang tahun. Maka sangat disayangkan bahwa Anda tidak dinyatakan sebagai juara, tetapi dalam situasi ini yang dapat dimengerti. Ada hal-hal yang lebih penting saat ini daripada sepak bola." Demikian kata Edwin seperti dilansir Skysports.com (24/4/20).

Edwin merasakan rasa kecewa dengan hasil keputusan ini. Namun apa boleh buat situasi dan kondisi di Eropa akibat krisis kesehatan telah mengubah segalanya termasuk agenda kompetisi yang terhenti.  

Keputusan lain dari KNVB menyebutkan bahwa wakil dari Eredivisie untuk kompetisi tingkat Eropa ditentukan berdasarkan klasemen terakhir sebelum Liga dibatalkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN