Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Rilis Terbaru Premier League Tentang Kelanjutan Kompetisi

8 April 2020   05:41 Diperbarui: 8 April 2020   05:55 94 13 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rilis Terbaru Premier League Tentang Kelanjutan Kompetisi
Firmino dan Mohamed Salah menunggu dengan sabar gelar pertama mereka meraih Trofi Premier League (Foto UEFA.com) 

Saat ini banyak wacana yang  berkembang bagaimana kelanjutan kompetisi domestic di Negara-negara Eropa salah satunya adalah kompetisi paling banyak penggemarnya yaitu Premier League. Pihak pengelola kompetisi telah merilis pernyataan beberapa waktu yang lalu yang terkait dengan sikap mereka menghadapi situasi dan kondisi darurat pandemic coronavirus yang saat ini tengah melanda Eropa.

Pada pertemuan Pemegang Saham Premier League akhir pekan lalu, klub-klub anggota membahas secara rinci bagaimana menanggapi krisis sepakbola akibat pandemi global COVID-19.

Dalam pertemuan secara virtual tersebut, ditegaskan kembali bahwa prioritas utama adalah untuk membantu kesehatan dan kesejahteraan bangsa dan komunitas sepak bola, termasuk para pemain, pelatih, manajer, staf klub, dan pendukung di seluruh Inggris. Tentu saja juga membicarakan beberapa kemungkinan agenda yang tepat untuk kembali melanjutkan kompetisi.

Berikut ini adalah rilis otoritas kompetisi Liga Primer Inggis yang sudah disepakati bersama para anggotanya seperti dilansir situs resmi mereka, Premierleague.com (3/4/20) tentang kelanjutan Kompetisi dan komitmen professional penagguhan remunirasi tahunan.  

Diakui bahwa kompetisi tidak akan dilanjutkan pada awal Mei 2020 ini. Lanjutan musim ini tahun 2019/20, hanya akan kembali bergulir ketika pandemic sudah dianggap aman dan sesuai situasi serta kondisi untuk melakukannya.

Agenda dan jadwal kompetisi lanjutan selalu direview secara mutakhir dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Hal ini mengingat dikarenakan dampak pandemi COVID-19 berkembang begitu cepat. Maka semua pihak harus bekerja bersama dengan waktu yang sangat menantang.

Premier League selalu bekerja erat dengan seluruh komponen sepak bola profesional di negara ini, serta dengan Pemerintah, lembaga publik dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk memastikan tercapainya solusi kolaboratif. Hal yang harus mereka tempuh mengingat semuanya saling berkaitan dalam menyelesaikan krisis pandemic coronavirus.

Dengan ini, Premier League juga diharapakan mendapatkan solusi yaitu gabungan untuk semua pertandingan liga dan piala domestik yang tersisa untuk dimainkan kembali sebagai upaya untuk menjaga integritas setiap kompetisi. Syaratnya untuk kembali menggelar kompetisi hanya akan dilakukan dengan dukungan penuh dari Pemerintah dan bimbingan medis memungkinkan kompetisi boleh bergulir.

Implikasi olahraga dan keuangan untuk klub Premier League serta untuk FA, EFL dan Liga Nasional juga menjadi pertimbangan pada pertemuan tersebut. Liga dengan suara bulat memilih untuk memajukan dana sebesar 125 juta pound sterling ke EFL dan Liga Nasional. Hal tersebut perlu dan penting karena menyadari kesulitan-kesulitan parah yang dialami klub-klub di seluruh piramida sepakbola Inggris akibat pandemic ini.

Dibutuhkan juga antisipasi kerugian besar dan berkelanjutan sejak penundaan kompetisi musim 2019/20 ini. Demikian pula untuk melindungi para pekerja  professional. Maka untuk itu klub-klub Premier League dengan suara bulat setuju untuk berkonsultasi dengan pemain mereka mengenai kombinasi pengurangan gaji secara kondisional dan penangguhan sebesar 30 persen dari total remunerasi tahunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN