Mohon tunggu...
AKIHensa
AKIHensa Mohon Tunggu... Penulis - Pensiunan

Kakek yang hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Piala Liga Inggris, Hasil Derbi United Versus City di Old Trafford

8 Januari 2020   06:11 Diperbarui: 8 Januari 2020   06:20 230 23 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Derbi di Old Trafford dalam Piala Liga Inggris (Foto Mancity.com)

Kemenengan impresif Manchester City 3-1 atas tuan rumah Manchester United dalam derbi panas di Old Trafford, Rabu (8/1/20) dini hari WIB, memberikan catatan tersendiri.

Mereka bertemu diajang semi final Piala Liga Inggris atau Carabao Cup yang berlangsung dengan dua leg. Laga leg kedua mereka berlangsung di Etihad pada 29 Januari 2020 (Mancity.com 8/1/20).

Tiga gol dibabak pertama menunjukkan dominasi City dalam laga tersebut. Selain itu juga ada yang beda dari performa City dalam laga ini terutama di lini serang mereka. Selain bertambah agresif, skuad penyerang City dan para gelandangnya melakukan manuver yang tidak lazim.

Mereka sangat impresif bermain dengan fleksibilitas dalam sistem City sehingga pertahanan United harus berjuang untuk mengatasinya. Bernardo bermain sebagai penyerang tengah tetapi dia kadang-kadang bergabung dengan De Bruyne, sementara Sterling dan Mahrez sama-sama menemukan diri mereka di tengah juga.

Dengan system improvisasi tersebut, duet bek tengah Victor Lidelof dan Phill Jones dengan fullback Wan Bissaka dan Brandon William di lini pertahanan United,  sangat sulit menjaga mereka.

Gol Bernardo Silva saat laga berlangsung 17 menit disusul gol kedua Riyad Mahrez 16 menit kemudian dan sebuah gol bunuh diri dari Andreas Pereira, menjadi bukti rapuhnya pertahanan United.

Gol pembuka Silva ini menambah catatan tersendiri baginya. Bernardo Silva adalah pemain Manchester City pertama yang mencetak gol dalam penampilan beruntun melawan Manchester United di Old Trafford sejak Sergio Agero antara 2011-2015 dalam 3 pertandingan (Twitter.com/OptaJoe 7/1/20).

Pada babak kedua, United mulai berupaya bangkit. Marcus Rashford berhasil memperkecil skor menjadi 1-3 berkat golnya dimenit ke-70. Berawal dari kesalahan operan Rodri yang dimanfaatkan oleh Mason Greenwood.

Melalui kerja sama yang baik, Rashford menerima umpan bola dari Greenwood untuk mencetak gol ke pojok bawah gawang City yang dikawal Claudio Bravo. Inilah satu-satunya gol balasan United.

Marcus Rashford (Foto Skysports.com) 
Marcus Rashford (Foto Skysports.com) 

Pasukan City malam itu bermain dengan formasi 4-3-3. Guardiola menurunkan lini belakangnya dalam keadaan darurat karena cedera pemain. Untuk ini dia sampai menurunkan seorang Fernadinho sebagai bek tengah bersama Nicolas Otamendi. Sementara itu full back city masih diperkuat oleh Kyle Walker dan Benjamin Mendy.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan