Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Catatan Liverpool Usai Juara Piala Dunia Klub 2019

25 Desember 2019   04:31 Diperbarui: 25 Desember 2019   04:37 283 13 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatan Liverpool Usai Juara Piala Dunia Klub 2019
Jurgen Klopp (Foto Liverpoolfc.com) 

Liverpool berhasil menjadi juara dalam ajang Club World Cup Qatar 2019 untuk kali pertama sepanjang sejarah klub pada Minggu (22/12) dini hari WIB usai menang 1-0 atas klub Brasil, Flamengo. Mereka juga telah memberikan catatan sejarah dalam sebuah rekor.

Malam itu hasil laga final begitu sangat berkesan bagi seorang Trent Alexander-Arnold, yang telah membantu membawa klub meraih puncak tertinggi sepak bola dunia. Alexander Arnold berpikir bahwa ini mungkin satu-satunya trofi yang belum dimenangkan Liverpool. Sehingga sangat wajar jika skuad Liverpool benar-benar bertekad untuk dapat melakukannya dalam meraih trofi tersebbut.

Hari ini adalah momen sangat besar bagi Liverpool, menempatkan diri dalam buku-buku sejarah dan memastikan akan selalu diingat sebagai tim yang sangat fantastis.

Berikut beberapa fakta usai The Reds juara di Piala Dunia Klub 2019 seperti dilansir Twitter.com/OptaJoe (22/12/19).

Liverpool jadi tim kedua asal Inggris yang jadi juara Piala Dunia Antarklub setelah Manchester United pada 2008. Sementara itu Flamengo adalah klub asal Brasil keempat yang jadi runner-up Piala Dunia Klub setelah Vasco da Gama (tahun 2000), Santos (2011), dan Gremio (2017). Catatan ini membuat klub asal Brasil sejajar dengan klub Argentina.

Gelar juara yang diraih Liverpool membuat wakil Eropa menjuarai 12 dari 13 gelaran terakhir ajang ini, termasuk tujuh edisi terakhir yang dimenangi klub Eropa. Hasil ini juga merupakan kedua kalinya wakil Inggris mengalahkan wakil Brasil setelah MU menang 1-0 atas Palmeiras pada final Piala Interkontinental tahun 1999.

Final Piala Dunia Klub 2019 yang berlangsung di Doha Qatar ini menjadi yang keempat harus berlangsung hingga babak perpanjangan waktu setelah gelaran pada edisi tahun 2000, 2009, dan 2016.

Hanya dua dari 10 gelaran Piala Dunia Klub ini, di mana masing-masing tim bisa mencetak gol. Sedangkan tim pemenang bisa menorehkan clean sheet dalam delapan kesempatan dari 10 edisi terakhir.

Sosok Roberto Firmino adalah pemain yang mencetak gol dalam dua laga beruntun untuk Liverpool di semua kompetisi untuk pertama sejak Januari lalu. Penyerang asal Brasil itu juga mencetak dua gol yang menentukan kemenangan The Reds di babak semifinal dan final Piala Dunia Klub 2019.

"Menjadi juara dunia sungguh luar biasa. Perasaan yang unik. Mengenakan lencana juara dunia untuk tahun depan akan luar biasa." Ujar pria yang menyerahkan gelar itu kepada Liverpool, Roberto Firmino, seperti dirilis FIFA.com (22/12/19). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN