Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Liverpool Dipastikan Juara Paruh Musim Premier League

15 Desember 2019   07:05 Diperbarui: 15 Desember 2019   07:10 187 22 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liverpool Dipastikan Juara Paruh Musim Premier League
Liverpool (Foto Premierleague.com)

Sebenarnya Premier League masih menyisakan 2 laga lagi untuk menyelesaikan separuh musim kompetisi. Saat ini masih masuk pekan ke-17 namun Liverpool sudah dipastikan berhasil meraih juara paruh musim. Hal ini dipastikan ketika The Reds berhasil menang 2-0 atas Watford di Anfield pada Sabtu (14/12/19) malam WIB. Kemenangan ini membuat Liverpool unggul 10 poin dari pesaing terdekatnya Leicester. Mereka tidak mungkin bisa mengejar pengumpulan poin Liverpool dari dua sisa laga diparuh musim kompetisi.

Malam itu dua gol Liverpool diborong oleh bintang mereka, Mohamed Salah. Pada menit ke-38, tembakan kaki kanannya dari bagian tengah kotak 16 menusuk ke sudut kanan atas gawang Watford, memanfaatkan assist Sadio Man. Gol kedua pada akhir laga, kembali Mohamed Salah mencetak gol dengan sentuhan kaki kanan dari sebelah kiri kotak penalti ke sudut kiri bawah gawang. Gol ini assis tidak sengaja dari Divock Origi. Gol ini juga sempat dikonfirmasi setelah ulasan VAR baru disahkan karena terbukti Salah tidak berdiri dalam posisi offside.

Menurut Premierleague (14/12/19), setelah laga ke-17 ini Liverpool kokoh dipuncak klasemen dengan 49 poin. Posisi kedua adalah Leicester dengan 39 poin. Leicester ditahan 1-1 oleh tamu mereka, Norwich dalam laga mereka pada malam yang sama. Manchester City diposisi ketiga dengan 32 poin menyisakan satu laga melawan Arsenal di Emirate yang baru dimainkan Minggu (15/12/19) pukul 22.30 WIB.

Pada akhir Desember ini, dua sisa laga Liverpool untuk melengkapi 19 laga paruh musim Premier League adalah berkunjung ke King Power Stadium, Leicester City pada Jumat (27/12/19) pukul 03.00 WIB dan menjamu Wolve di Anfield, Minggu (29/12/19) pukul 23.30 WIB.

Keunggulan raihan poin Liverpool pada gameweek ke-17 dengan jarak 10 poin dari peringkat kedua Leicester, memastikannya sebagai juara paruh musim. Karena Leicester jika menang dalam 2 laga sisa mereka hanya memperpendek jarak menjadi 4 poin, itu juga jika Liverpool kalah dalam dua laga sisa mereka.

Bagi Jurgen Klopp sendiri hasil ini memberikan kelegaan yang membuat dirinya siap menghadapi kejuaraan Dunia antar klub di Qatar mulai 18-21 Desember 2019 ini. Selain ajang ini, Liverpool juga harus mengikuti Carabao Cup melawan tuan rumah Aston Villa pada Selasa 17 Desember 2019. Untuk itu kemungkinan besar Klopp akan membagi skuadnya menjadi dua tim untuk dua ajang yang berbeda (Liverpoolfc.com 14/12/19).

Pada Desember ini adalah bulan yang sibuk bagi Klopp yang sudah memperbarui kotraknya hingga 2024. Liverpool harus menghadapi jadwal padat dari tiga ajang yaitu Premier League, Carabao Cup dan Club World Cup di Qatar. Semua ajang ini bagi Klopp sangat penting bagi catatan karirnya di Anfield. Target juara Premier League sudah tidak bisa ditawar lagi setelah dalam dua tahun terakhir ini selalu gagal.

Ajang Club World Cup di Qatar juga peristiwa penting karena untuk bisa mengikuti ajang ini harus melewati kompetisi Liga Champions yang melelahkan. Bagi Klopp trofi ini juga sangat bergengsi bagi catatan karirnya.

Dalam dua pekan ke depan tensi dari penampilan Liverpool semakin panas dan menegangkan. Tantangan yang sangat mengasyikkan bagi Klopp. Hanya dengan kualitas manajerialnya semata semua target yang dibidik bisa dicapai.

Selamat bekerja Jurgen Klopp.

Salam hangat @hensa

VIDEO PILIHAN