Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Senyum Solskjaer dari Derby Panas Manchester di Etihad Stadium

8 Desember 2019   10:58 Diperbarui: 8 Desember 2019   11:14 105 14 11 Mohon Tunggu...
Senyum Solskjaer dari Derby Panas Manchester di Etihad Stadium
Solskjaer (Foto Skysports.com)

Manchester United meraih kemenangan 2-1 atas Manchester City dalam derby yang panas di Etihad Stadium, Minggu (8/12/19) dini hari WIB. Kekalahan bagi City ini memukul harapan Guardiola untuk menutup ketinggalan poin dari  pemimpin klasemen yang saat ini kokoh dipegang Liverpool dengan 46 poin. Hingga matchweek 16 ini pasukan Guardiola sudah tertinggal sangat jauh sekali yaitu 14 poin (Premierleague.com 8/12/19).  

Marcus Rashford membuat United unggul pada 23 menit sejak laga berlangsung.  Dia berhasil mencetak gol dari titik penalti. Hukuman penalti ini setelah VAR memberikan informasi kepada Anthony Taylor terjadi pelanggaran oleh Bernardo Silva kepada penyerang United.

Enam menit kemudian, skor menjadi 2-0 saat tembakan Anthony Martial tidak bisa dicegah oleh penjaga gawang City, Ederson di tiang dekat. Gol ini merupakan asis cerdas dari Daniel James.

Laga belum sampai setengah jam Manchester United sudah unggul 2-0 adalah hal yang sangat mengejutkan. Ini bukan saja bagi skuad United sendiri tapi juga bagi supporter yang hadir di Etihad Stadium.

Skuad Guardiola berupaya mengejar ketinggalan 2 gol tersebut dengan bermain menyerang. Dari catatan data Premierleague.com (8/12/190, mereka memiliki ball possession sebanyak 72 persen sebagai fakta bermain menyerang total.

Mereka juga menciptakan 22 tembakan ke arah gawang De Gea namun hanya 5 tembakan yang tepat sasaran. Ada 16 tendangan penjuru sebagai bukti lainnya yang menunjukkan City benar-benar gila menyerang United.

Kendati demikian pasukan Solskjaer berhasil meredam semua upaya skuad The Citizen tersebut. Paling tidak barisan pertahanan The Red Devils melakukan 40 clearances. Kuartet mereka yang terdiri duet bek tengah Lindelof dan Maguire serta duet full back, Wan Bissaka dan Luke Shaw berhasil menjinakkan trio Sterling, Jesus dan Bernardo Silva.

Walaupun lini tengah City, David Silva, De Bruyne dan Ridrigo unggul dari gelandang United namun mereka tetap sangat sulit menembus kotak 16 dari Manchester United. Upaya City baru berhasil pada menit ke-85 ketika Nicolas Otamendi menyundul tendangan sudut Riyad Mahrez. Pada sisa waktu 5 menit, City mengejar gol penyeimbang tetapi United tetap mempertahankan kemenangan mereka hingga laga usai.

Tentu saja ini adalah kemenangan derby yang sangat mengesankan bagi United apalagi diraih di Etihad yang merupakan kandang Manchester City. Dengan kemenangan ini pasukan Solskjaer berhasil merebut peringkat 5 dengan 24 poin dalam klasemen. Mengungguli Spurs diperingkat 6 dengan 23 poin, yang pada malam itu juga menang 5-0 atas Burnley di kandang mereka.

Kegembiraan luar biasa juga dirasakan Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer ketika dirinya berbicara pada MUTV seperti dilansir Manut.com (8/12/19) : "Kami luar biasa. Di awal pertandingan, kami luar biasa. Kami menyerang setiap kali mendapat bola dan sepertinya kami bisa mengukirnya terbuka setiap saat."

"Kami bisa saja kalah seharusnya tiga, empat, lima gol dan itu bukti untuk anak-anak, karena mereka bermain sangat baik. Sangat sulit untuk bermain melawan mereka, dan para pemain mereka menyerang total dari setiap sudut. Namun para pemain kami bertahan dengan sangat baik."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN