Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ada 6 Gol di Bramall Lane dalam Laga Sheffield vs Manchester United

25 November 2019   12:08 Diperbarui: 25 November 2019   12:29 73 12 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ada 6 Gol di Bramall Lane dalam Laga Sheffield vs Manchester United
Ole Gunnar Solksjaer (Foto Premierleague.com)

Manchester United menjalani laga ke-13 mereka melawan Sheffield United pada Minggu (24/11/19) malam WIB. Mereka tertinggal 0- 2 terlebih dulu namun berbalik unggul 3-2 hingga detik terakhir. Namun kemenangan United sirna ketika gol Oliver McBurnie di menit ke-90 memberi Sheffield United hasil imbang 3-3 dalam pertandingan yang  mendebarkan tersebut di Bramall Lane.

Menurut Premierleague.com (24/11/19), The Blades, julukan Sheffield United mendominasi babak pertama dan setelah memaksa dua penyelamatan bagus dari penjaga gawang United, David De Gea, akhirnya mereka unggul 2-0 melalui John Fleck dan Lys Mousset. Kedudukan tersebut bertahan hingga menit ke-72.

Setelah itu hanya dalam 7 menit tepatnya antara menit ke-72 hingga ke-79 Manchester United mencetak 3 gol berturut-turut sehingga membalikkan kedudukan menjadi 3-2.

Tiga gol Setan Merah malam itu diawali dengan gol pertama dari Brandon Williams pada menit ke-72 dengan tendangan setengah voli. Lima menit kemudian giliran pemain pengganti, Mason Greenwood memanfaatkan umpan silang Marcus Rashford untuk mencetak gol kedua.  Gol mereka ini sekaligus merupakan gol Liga Primer pertamanya bersama Manchester United.   

Marcus Rashford mencetak gol ketiga United untuk membuat mereka unggul menjadi 3-2. Laga ini sebenarnya tinggal 11 menit tersisa tetapi pemain pengganti, Oliver McBurnie memiliki keputusan akhir ketika ia dari jarak dekat menjebol gawang David de Gea pada detik akhir laga malam itu. Gol ini membuyarkan kemenangan The Red Devils untuk meraih 3 poin penuh. Sangat dramatis.

Solskjaer menurunkan formasi dengan pola 3 bek, Maguire, Lindelof dan Phil Jones. Mereka membentengi gawang yang dikawal David de Gea. Dua wing back dalam formasi 3-4-2-1 ini ditempati Aaron Wan Bissaka di kanan dan Brandon Williams di sisi kiri. Mereka bersama duo Brasil, Fed dan Andreas Perreira menunjang trio penyerang Marcus Rashford, Martial, James.

Formasi tiga bek ini terlihat sangat rapuh pada awal-awal laga. Ini terbukti dari gol pertama Sheffield yang berasal dari gagalnya Phil Jones menghentikan pergerakkan Lyst Mousset yang berhasil memberikan assis ke depan gawang De Gea. Sempat diselamatkan penjaga gawang asal Spanyol ini namun memantul kembali sehingga pemain Sheffield lainnya, John Fleck menyentuh bola masuk ke gawang yang kosong.

Jesse Lingard masuk menggantikan Phil Jones pada awal babak kedua sekaligus mengubah formasi United kembali menggunakan 4 bek dengan duet bek tengah Maguire dan Lindelof dengan sepasang full back, Wan Bissaka dan Williams. Formasi ini terlihat lebih stabil dalam bertahan dan agresif dalam menyerang. 

Terutama setelah gol kedua Sheffiled United lahir, para pemain United mulai tersadar bahwa kekalahan sedang mengancam mereka. Gol pertama United yang dicetak Williams membangkitkan semangat skuad Solskjaer ini. Mason Greenwood masuk menggantikan Andrea Perreira hanya 4 menit sebelum dia mencetak gol kedua United. Bahkan dengan formasi 4-2-3-1 ini, United hampir saja memenangkan laga setelah Rashford mencetak gol ketiga.

Dengan hasil imbang ini, Sheffield United berhasil menempati urutan keenam dengan 18 poin sedangkan Manchester United di posisi kesembilan dengan 17 poin. Puncak klasemen masih dipimpin Liverpool dengan 37 poin.

Usai laga tersebut, kepada Skysports.com (24/11/19), Ole Gunnar Solskjaer memberikan komentar : "Perasaan campur aduk. Kami tidak bisa bahagia, kami belum tampil untuk sebagian besar pertandingan, tetapi kami membalikkannya dan kami menunjukkan apa yang bisa kami mampu."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN