Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Aksi Raheem Sterling dan Gol yang Dibatalkan VAR dalam Laga West Ham vs Manchester City

11 Agustus 2019   04:07 Diperbarui: 11 Agustus 2019   04:37 0 16 8 Mohon Tunggu...
Aksi Raheem Sterling dan Gol yang Dibatalkan VAR dalam Laga West Ham vs Manchester City
Raheem Sterling hat trick (Foto Premierleague.com) 

Manchester City langsung memimpin klasemen sementara Premier League pada pekan pertama ini. Mereka mengalahkan West Ham United 5 gol tanpa balas di London Stadium Sabtu (10/8/19). Dalam laga tersebut Raheem Sterling dinobatkan sebagai King of The Match dengan mendapatkan 82,5 persen vote (Premierleague.com 10/8/19).  

Pemain sayap Three Lions ini mencetak hat-trick dari 5 gol yang dihasilkan Manchester City ke gawang West Ham United untuk mempertahankan gelar  Premier League mereka sekaligus menjadi awal yang mengesankan.

Menurunkan formasi 4-3-3 dengan penjaga gawang Ederson di bawah mistar. Guardiola menurunkan kuartet bek Aymeric Laporte, Kily Walker, John Stone dan Zinchenco. Pada lini tengah kembali Rodrigo diberikan kepercayaan berkolaborasi dengan David Silva dan Kevin de Bruyne. Sedangkan trio penyerang dipercayakan kepada Raheem Sterling, Gabriel Jesus dan Riyad Mahrez.

Umpan terobosan mengawali gol pertama pada ke-25 ketika David Silva memberikan bola kepada Kyle Walker. Bek sayap kanan ini langsung memberikan assis kepada Gabriel Jesus membuat gol pertamanya. Keunggulan 1-0 City bertahan hingga turun minum.

Babak kedua baru berlangsung 6 menit, Raheem Sterling menambah keunggulan City menjadi 2-0. Aksi Kevin De Bruyne yang brilian memberi assis penting untuk diselesaikan Sterling. Dua gol lainnya yang membuat dirinya melakukan hattrick adalah gol dimenit ke-75 dan 90. Keduanya assis dari Riyad Mahrez.

Dalam laga tersebut ada gol yang dibatalkan yaitu tembakan Gabriel Jesus. Gol ini batal setelah dari tayangan Video Assistant Referee (VAR) terlihat Sterling terlebih dulu dalam posisi off side sebelum memberikan umpan kepada Jesus. Sedangkan sebuah gol dihasilkan dari tendangan penalty yang dieksikusi oleh Sergio Aguero 4 menit sebelum laga usai, untuk melengkapi kemenangan 5-0 untuk Manchester City.

Dalam momen ini kembali VAR bekerja ketika tendangan Sergio Aguero berhasil ditahan kiper West Ham United, Lukasz Fabianski namun tayangan VAR menunjukkan dirinya bergerak terlebih dulu sehingga harus diulang. Dalam tendangan ulang Aguero berhasil melakukan tugasnya.

Menurut Premierleague.com (10/8/19) 3 gol Raheem Sterling ini merupakan pencapaian hat-trick pertama Premier League pada pembukaan kompetisi sejak Didier Drogba melakukannya untuk Chelsea pada 2010.

Manchester City benar-benar menguasai permainan dengan penguasaan bola hingga 57 persen. Ada 14 tembakan ke gawang West Ham dan 9 diantaranya tepat sasaran. Kemenangan ini juga menambah catatan total 22 laga dari 37 pertemuan mereka. Ada 9 laga mengalami kekalahan dan sisanya bermain imbang. Laga ini juga merupakan 5 kemenangan berturut-turut City terhadap West Ham dalam pertemuan terakhir mereka (Mancity.com 10/8/19).

Pep Guardiola (Foto Mancity.com) 
Pep Guardiola (Foto Mancity.com) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x