Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Phil Thompson, Legenda Liverpool Ini Bicara Skuad Jurgen Klopp Musim Depan

13 Juni 2019   17:02 Diperbarui: 13 Juni 2019   17:13 0 12 5 Mohon Tunggu...
Phil Thompson, Legenda Liverpool Ini Bicara Skuad Jurgen Klopp Musim Depan
Klopp dengan Piala Liga Champions (Foto Getty Images) 

Philip Bernard Thompson atau dikenal dengan panggilan akrab Phil Thompson adalah pensiunan pemain sepak bola Inggris, yang bermain sebagai pemain bertahan untuk tim Liverpool pada tahun 1971 sampai tahun 80-an. Bersama Liverpool sudah main sebanyak 477 laga dengan raihan 13 gol. Thompson juga adalah bagian dari skuad tim nasional Inggris pada dekade tersebut dan sudah melakukan laga dalam 42 kesempatan. Pernah menjadi kapten Inggris pada enam kesempatan (Liverpoolfc.com 7/6/19).

Sebagai Legenda Liverpool dan Tim The Three Lions, Thompson memiliki pendapat tentang skuad The Reds yang saat ini diasuh Manajer Jurgen Klopp. Liverpool selama dibesut Manajer asal Jerman ini berkompetisi sangat mengesankan. Performa mereka telah didorong oleh pemain-pemain hasil rekrutan musim panas lalu seperti Alisson, Fabinho, Naby Keita dan Xherdan Shaqiri.

Mereka berempat mejadi rekrutan yang berhasil setelah Virgil van Dijk yang direkrut pada jendela transfer musim dingin bulan Januari sebelumnya. Jadi siapa yang bisa memperkuat kelompok Jurgen Klopp untuk musim depan? Phil Thompson mencoba memberikan gambaran tersebut.

Kepada Skysports.com (5/6/19), Thompson mengemukakan pendapatnya : "Tidak peduli siapa Anda, Anda harus memperkuat saat Anda berada di atas. Jangan menunggu sampai terjadi kesalahan. Itu selalu cara melakukan hal-hal di masa kejayaan kami. Tidak peduli apa yang kami menangkan, kami selalu membawa dalam dua pemain untuk memperkuat dan memberikan lebih banyak opsi di lapangan dan meregenerasi ruang ganti."

Pernyataan tersebut menyiratkan begitu banyak Klopp akan mempertahankan pemainnya. Liverpool bisa mempertahankan performa lini tengah yang kreatif. Namun untuk striker nampaknya sudah saatnya dibutuhkan alternative dari trio saat ini. Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino adalah trio tidak tergantikan. Setelah Daniel Sturidge pensiun saat ini ada Divock Origi yang sudah mulai teruji dalam laga-laga penting mereka diakhir kompetisi lalu.

"Ini seperti di lini tengah, kami memiliki banyak pemain yang sangat mirip. Kami membutuhkan seseorang dengan semangat kreatif dan memberi kami lebih banyak gol dari departemen itu. Sulit menemukan striker yang layak yang akan duduk di bangku cadangan dan itu itulah masalah yang akan dihadapi Klopp. Pasukan itu relatif muda yang bagus dan memiliki setidaknya lima tahun bersama sehingga kami tampak seolah-olah kami berada dalam posisi yang baik." Demikian pandangan Thompson tentang lini tengah dan pasukan penyerang Liverpool seperti dilansir Skysports.com (5/6/19).

Liverpool memiliki musim yang fantastis di Premier League tahun 2019. Berada pada posisi kedua hanya selisih satu poin dengan Juara Premier League, Manchester City asuhan Pep Guardiola. Para pemainnya telah mencatatkan sebagai top skor atas nama Mohamed Salah dan Sadio Mane dengan masing-masing 22 gol. Mereka juga memiliki rekor pertahanan terbaik dengan kiper luar biasa, Alisson Becker yang memenangkan Golden Glove dengan 21 clean sheets.

Skuad Liverpool ini tampaknya juga memiliki tahun-tahun terbaik menghadapi kompetisi di depan mereka. Hal ini karena mereka memiliki skuad termuda pada  Liga Primer musim ini.

Apa yang diprediksi Phil Thompson untuk skuad mereka tahun depan mungkin tidak akan jauh meleset jika melihat perkembangan bursa transfer yang dilakukan Liverpool terdengar sepi-sepi saja.

Paling jelas terdengar ada 7 pemain yang menjadi jaminan sebagai starting eleven musim kompetisi tahun depan adalah Alisson Becker, Andy Robertson, Virgil van Dijk, Alexandre-Arnold, Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino. Mereka adalah yang menjadi kerangka inti dari skuad Jurgen Klopp musim depan.