Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Menunggu Jonatan Christie Ditantang Chico Aura di Australian Open 2019

5 Juni 2019   00:37 Diperbarui: 5 Juni 2019   10:44 0 13 6 Mohon Tunggu...
Menunggu Jonatan Christie Ditantang Chico Aura di Australian Open 2019
Chico Aura (Foto Badmintonindonesia.org) 

Pemain muda Indonesia yang masih berusia 20 tahun, Chico Aura berhasil lolos ke babak utama turnamen Australian Open 2019 setelah melewati babak kualifikasi. Menurut BWF.tournamentsoftware.com (4/6/19), bermain pada babak kualifikasi di Quaycentre, Sydney Olympic Park Sydney, New South Wales Australia, Selasa (4/6/19), Chico berhasil mengalahkan lawan-lawannya.

Pada babak pertama kualifikasi ini pemain Korea, Lee Hyun Il dikalahkan dengan 19-21, 21-12 dan 22-20. Chico memastikan ke babak utama setelah dalam laga terakhir babak kualifikasi menang atas pemain Taiwan, Yang Chih Chieh juga dengan rubber game, 21-18, 19-21 dan 21-14. 

Dua laga yang banyak menguras tenaga bagi Chico. Paling tidak pemain muda ini sudah menunjukkan semangat tanding yang luar biasa melawan pebulutangkis Korea dan Taiwan yang sangat dikenal tangguh dan ulet.

Pada babak utama Chico akan berhadapan dengan pemain asal Thailand berusia 28 tahun, Tanongsak Saensomboonsuk yang juga lolos dari babak kualifikasi. Jadwal yang tercatat menyebutkan babak pertama untuk pertemuan mereka berlangsung Rabu (5/6/19). 

Mereka selama ini belum pernah saling bertemu. Chico saat ini memiliki ranking 57 BWF sedangkan Tanongsak berada pada posisi ranking 59 BWF (BWFbadminton.com 4/6/19).

Tidak terpaut jauh namun pemain Thailand sudah banyak pengalaman dengan 245 laga yang pernah dijalaninya. Tanongsak jauh lebih senior dari Chico yang baru saja berkiprah ditingkat senior dan menjalani 82 laga dalam karir tunggal putra.

Pengalaman dan jam terbang Tanongsak lebih unggul namun tidak berarti Chico tidak memiliki peluang untuk bisa melewati babak pertama ini dengan kemenangan.

Jonatan Christie (Foto Badmintonindonesia.org) 
Jonatan Christie (Foto Badmintonindonesia.org) 
Menariknya jika Chico lolos ke babak kedua maka sudah menunggu pemenang antara Jonatan Christie dan pemain China, Lu Guangzu. Jonatan berpeluang menang atas Lu yaitu pemain muda China berusia 22 tahun ranking 19 BWF ini. 

Maka jika itu terjadi, Chico akan berhadapan dengan sesama pemain Indonesia. Chico sendiri memiliki catatan kekalahan mudah dari Lu Guangzu dalam turnamen Thailand Master 2019 dengan 21-17 dan 21-8.

Menurut BWFbadminton.com (4/6/19), Chico Aura sudah berkarir sebanyak 130 laga dengan 82 kemenangan dan 48 kekalahan. Selama tahun 2019 ini Chico sudah berlaga sebanyak 15 kali, menang 8 laga dan kalah 7 laga. Kiprah pemain muda ini masih belum menunjukkan konsistensinya namun demikian tekad dan semangat juangnya diharapkan bisa mengangkat prestasinya kelak.

Turnamen seperti ini akan menjadi tempaan bagi pemain muda seperti Chico Aura yang saat ini masih berusia 20 tahun. Dia harus banyak mendapatkan pengalaman dengan jam terbang tinggi menghadapi lawan-lawan yang bisa saja lebih senior seperti pebulutangkis kawakan asal Thailand, Tanongsak (28 tahun) yang akan dihadapinya di babak pertama.

Selamat berjuang anak muda, Chico Aura Dwi Wardoyo. 

VIDEO PILIHAN