Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bulutangkis Artikel Utama

Lawan Taiwan di Piala Sudirman, Pilih Jonatan atau Ginting?

24 Mei 2019   05:31 Diperbarui: 24 Mei 2019   22:29 0 18 10 Mohon Tunggu...
Lawan Taiwan di Piala Sudirman, Pilih Jonatan atau Ginting?
Jonatan Christie (Foto BWFbadminton.com) 

Indonesia berhadapan dengan Taiwan dalam perempat final perebutan Piala Sudirman yang berlangsung di Guangxi Sports Center Gymnasium Nanning, China pada Jumat (24/5/19) pukul 10.00 WIB. 

Dalam perempat final lainnya, tuan rumah China berhasil lolos ke semi final setelah mengalahkan Denmark dengan skor 3-1. Mereka akan berhadapan lawan Thailand yang berhasil menumbangkan Korea Selatan juga dengan 3-1.  

Menjelang laga perempat final tersebut ada pernyataan yang menarik dari Legenda Bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono. Dilansir Detik.com (23/5/19) Rudy berpendapat bahwa langkah Indonesia ke semifinal Piala Sudirman 2019 bisa lebih mudah asalkan tunggal putra meraih kemenangan. Kuncinya ada di tunggal putra.

Hal tersebut karena Taiwan memiliki keunggulan di nomor tunggal putri dengan memiliki Tai Tzu Ying yang saat ini berperingkat satu dunia. Selain itu mereka juga  mengandalkan tunggal putra Chou Tien Chen, peraih medali perak Asian Games 2018.

Dari kekuatan tunggal Taiwan ini peluang pada tunggal putra mungkin bisa diraih oleh Indonesia melalui Jonatan Christie atau Anthony Ginting. Sedangkan pada tunggal putri nampaknya baik Gregoria maupun Fitriani masih terlalu jauh untuk mengimbangi Tai Tzu Ying. Ada satu nomor lain yang diprediksi menyulitkan yaitu  pada ganda putra, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Namun Marcus/Kevin mungkin masih bisa mengatasinya.

Gregoria Mariska (Foto BWFbadminton.com) 
Gregoria Mariska (Foto BWFbadminton.com) 
Menyimak pernyataan Rudy Hartono tersebut sekarang siapa yang menjadi pilihan tunggal putra untuk menghadapi Chou Tien Chen. Baik Jonatan maupun Ginting sudah sering berhadapan dengan pemain Taiwan berperingkat 4 Dunia ini.

Menurut BWFbadminton.com (23/5/19), dalam 5 kali pertemuan Jonatan memiliki head to head melawan Chou Tien Chen dengan keunggulan 5-0. Catatan Jonatan ini lebih bagus dibandingkan Anthony Ginting yang unggul 5-4 atas Chou Tien Chen.

Jonatan Christie terakhir menang atas Chou Tien Chen dalam ajang Asian Games Jakarta tahun 2018 dengan rubber set 21-18, 20-22 dan 21-15. Sementara Ginting dari sembilan kali pertemuan dengan Chou, unggul lima kali kemenangan dan 4 kali mengalami kekalahan. Terakhir kali di Singapura Open 2019, peringkat tujuh dunia itu menang rubber game atas Chou Tien Chen dengan skor 21-17, 18-21, dan 21-14.

Melihat penampilan Ginting yang sudah dua kali diturunkan yaitu melawan Inggris dan Denmark. Ketika melawan Inggris Ginting menang mudah, namun saat berhadapan dengan Denmark terlihat Ginting mengalami kemunduran saat kalah dari Victor Axelsen. Performanya yang sangat mengkhawatirkan jika melihat tren tersebut. Mungkin ini bisa dijadikan pertimbangan agar Ginting di berikan waktu untuk  beristirahat.

Saatnya Jonatan Christie diberikan kesempatan bertanding melawan Chou Tien Chen. Modal kemenangan 5-0 dari head to head diantara mereka walaupun bukan jaminan namun kebugaran Jonatan masih segar karena belum pernah turun bertanding. Tentu saja bagi Jojo panggilan akrab Jonatan Christie, permainan Chou Tien Chen sangat familiar karena mereka yang sudah lima kali bertemu. Jojo juga sudah siap bertanding dengan keyakinan penuh.  

"Siapapun yang diturunkan, siap. Walaupun penyisihan tidak main, saat latihan sudah mencoba. Jika dimainkan, paling hanya ada beberapa faktor yang diperhatikan seperti shuttlecock atau angin yang harus diantisipasi," ujar Jonatan kepada CNNIndonesia.com (24/5/19).

Faktor tunggal putra ini sangat penting untuk dimenangkan. Jika berhasil maka untuk meraih kemenangan tinggal meraih dua poin dari nomor ganda putra, Kevin/Markus dan ganda putri, Apriyani/Greysia Polii.

Pada perempat final lainnya akan berhadapan antara Jepang melawan Malaysia. Pemenangnya akan berhadapan di semi final dengan pemenang antara Indonesia dengan Taiwan.

Selamat bertanding untuk Tim Bulutangkis Indonesia. Inilah saatnya Piala Sudirman pulang kembali ke pangkuan Negeri tercinta.

@hensa