Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jelang Liverpool Vs Barcelona di Camp Nou, Firmino Cedera, dan Tekad Robertson

1 Mei 2019   05:44 Diperbarui: 1 Mei 2019   05:55 0 8 4 Mohon Tunggu...
Jelang Liverpool Vs Barcelona di Camp Nou, Firmino Cedera, dan Tekad Robertson
Roberto Firmino (Foto Premierleague.com) 

Menjelang laga leg pertama semifinal Liga Champions antara Barcelona melawan Liverpool di Camp Nou Kamis (2/5/19) pukul 02.00 WIB ada kabar kurang menggembirakan bagi skuat Liverpool. Pemain andalan mereka Roberto Firmino kemungkinan absen karena mengalami cedera dalam latihan. Firmino mengalami sedikit sobekan otot selama sesi latihan di Melwood.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp memberikan pembaruan lebih lanjut tentang kebugaran Roberto Firmino setelah kemenangan Liverpool atas Huddersfield Town dan mengakui kondisinya perlu dinilai sebelum menghadapi Barcelona dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Camp Nou.

Klopp optimistis Firmino dapat pulih tepat waktu untuk pertandingan semifinal Liga Champions Kamis dini hari WIB. Kendati demikian Klopp menegaskan bahwa terlalu dini untuk memastikannya bisa bermain dalam laga tersebut.

Dia menjelaskan kepada wartawan dalam konferensi pers seperti dirilis Liverpoolfc.com (27/4/19) : "Bobby berlatih kemarin dengan normal, itu bukan intensitas tinggi kami hanya harus bekerja pada set-piece sedikit dan di sana-sini beberapa hal. Saya tidak melihatnya dalam pelatihan, itu terjadi dalam situasi terakhir pelatihan dan dia merasakan sedikit keluhan di otot. Sekarang, diagnosis resmi adalah dia memiliki robekan kecil di otot kecil, jadi selain dari kata 'robek' semuanya positif."

Bobby disini maksudnya adalah Roberto Firmino. Manajer asal Jerman tersebut merasa optimis pada saatnya Firmino bisa segera pulih. Setiap hari kondisinya akan terus dievaluasi. Bagaimanapun Firmino adalah pemain kunci bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Menjelang laga penting ini Andrew Robertson memiliki tekad untuk melewati semi final ini seperti tahun lalu. Robertson adalah bek sayap Liverpool yang sejauh ini menjadi pemain yang paling banyak memberikan assis untuk gol Liverpool. Dia merasakan bagaimana penampilan musim lalu di final Liga Champions UEFA. Hal ini adalah momen yang menjadi patokan untuk Liverpool dan bahwa itu akan menjadi "kehormatan besar" untuk mengulangi prestasi tersebut.

Bek sayap ini pasti sudah menyadari bahwa tim Barcelona dengan tiga penyerang mereka yang luar biasa dalam diri Messi, Suarez dan Coutinho menjadi ancaman serius gawang Alisson Becker. Namun pemain berusia 25 tahun itu terbiasa mengatasi rintangan seperti itu. Dia yakin bisa mengatasi hal tersebut.

Kepada UEFA.com (28/4/19) Robertson mengatakan : "Saya pikir itu akan sangat sulit. Mereka memiliki tiga penyerang tajam dan tentu saja mereka memiliki pemain terbaik di dunia, Lionel Messi. Kami harus berada dalam permainan kami dengan pertahanan. Kami percaya kami juga memiliki tiga penyerang yang menakjubkan dan juga orang-orang yang dapat menyebabkan masalah bagi Barcelona." 

Semi-final adalah prospek yang menggairahkan bagi skuat Liverpool. Mungkin bisa membuka kembali pengalaman tahun lalu ketika mereka berhasil melaju ke final. Walaupun laga leg pertama di Camp Nou ini cukup menegangkan dan sangat emosional, namun jika mereka mampu mengendalikannya maka hasil terbaik sangat pantas mereka dapatkan.

Kuncinya ada pada sejauh mana skuat Liverpool mampu 'mengkandangkan' Lionel Messi seperti istilah Jose Mourinho karena Barcelona adalah Lionel Messi.

Skuat Liverpool tahu betapa sulitnya menghadapi Barcelona. Tetapi nampaknya Liverpool harus penuh keyakinan bisa mendapatkan hasil yang dibutuhkan untuk mencapai final.