Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ternyata West Ham Luar Biasa Untung Masih Ada De Gea

14 April 2019   08:46 Diperbarui: 14 April 2019   08:54 0 13 7 Mohon Tunggu...
Ternyata West Ham Luar Biasa Untung Masih Ada De Gea
Selebrasi Paul Pogba (Foto Premoerleague.com) 

Laga di Old Trafford yang disaksikan 74 ribu penonton dimana tuan rumah Manchester United menjamu tamu mereka West Ham United berakhir 2-1 untuk kemenangan Setan Merah. Namun tidak bisa dipungkiri, para Fans United pasti merasa kecewa melihat permainan tim kesayangan mereka malam itu, Sabtu (13/4/19).

Sebenarnya Ole Gunnar Solksjaer sendiri mengakui performa United tidak mengesankan. Kepada Skysports.com (13/4/19) Solskjaer mengatakan : "Kami beruntung bisa lolos dengan tiga poin, bahkan hasil imbang pada satu titik kami akan ambil. Untungnya itu bukan Barcelona di sisi lain, tapi West Ham bermain bagus, bermain lebih baik dari kami, menciptakan peluang."

West Ham benar-benar mengendalikan permainan. Menurut Premierleague.com (13/4/19), hampir 60 persen ball possession dikuasai skuat The Hammers. 

Mereka juga memiliki 18 tendangan kearah gawang dengan 11 tendangan penjuru. Penguasaan bola West Ham terutama babak pertama demikian solid. Para pemain United walaupun melakukan pressing ketat namun sangat sulit merebut bola dari kaki para pemain West Ham.

Dua gol penalti dari Pogba yang berhasil memenangkan laga ini hanya sekedar menunjukkan faktor keberuntungan bukan karena permainan skuat United yang impresif. United bermain tanpa organisasi yang baik. Terutama dibabak pertama performa lini tengah mereka sangat buruk. Pogba, Fred dan Juan Mata tidak mampu mengimbangi permainan West Ham.

Penalti pertama dimenit ke-19 akibat Juan Mata dijatuhkan Robert Snodgrass di kotak penalti sedangkan penalti kedua terjadi hanya 10 menit sebelum laga usai akibat Anton Martial dihentikan solo run nya oleh Ryan Fredericks ketika berhadapan langsung dengan kiper West Ham, Lukasz Fabianski  di kotak penalti. The Hammers sempat menyamakan kedudukan 1-1 ketika Felipe Anderson berhasil mencetak gol menit ke-49.

Pada babak kedua paling tidak ada dua peluang West Ham untuk memenangkan laga tersebut sebelum terjadi penalti Paul Pogba. 

Penyerang West ham Michail Antonio yang menggantikan Chicharito, tendangan keras kaki kirinya membentur gawang De Gea. Satu peluang emasnya lagi adalah ketika sundulannya di depan gawang United berhasil ditepis De Gea dengan gemilang.

Aksinya menyelamatkan United dari kekalahan sangat layak jika penjaga gawang asal Spanyol ini adalah satu-satunya pemain yang bermain luar biasa. Bahkan Manajer United, Solskjaer seusai laga mengatakan kepada Manutd.com (13/4/19) : "De Gea adalah yang memenangkan pertandingan untuk Manchester United."  Tanpa penyelamatan gemilang De Gea tidak tahu apa yang terjadi dengan United jika mengalami kekalahan malam itu.

Kendati demikian Skuat Machester United tetap merasa lega karena 3 poin sudah mereka raih untuk membawa mereka berada diposisi 5 dengan 64 poin menggeser Arsenal yang baru bertanding pada Selasa (16/4/19) dini hari WIB melawan tuan rumah Watford.