Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Laga Menegangkan Liverpool Vs Southampton di Saint Mary Stadium

6 April 2019   08:02 Diperbarui: 6 April 2019   08:11 0 11 12 Mohon Tunggu...
Laga Menegangkan Liverpool Vs Southampton di Saint Mary Stadium
Mohamed Salah (Foto Premierleague.com) 

Liverpool akhirnya kembali meraih posisi puncak klasemen setelah dalam matchweek 33 berhasil mengalahkan tuan rumah Southampton 3-1 di Saint Mary Stadium, Sabtu (6/4/19) dini hari WIB. 

Klasemen Premier League setelah laga ini seperti dirilis Premierleague.com (6/4/19) adalah peringkat atas Liverpool dengan 82 poin sedangkan City tergeser ke posisi kedua dengan 80 poin masih menyisakan laga mereka yang ke-33 melawan Hotspur 20 April 2019 di Etihad.

Sebuah catatan penting dari kemenangan Liverpool ini adalah Mohamed Salah sudah mencetak gol lagi untuk The Reds. Mohamed Salah mengakhiri paceklik golnya setelah sembilan laga berlalu saat Liverpool bangkit kembali ke puncak Liga dengan meraih kemenangan 3-1 atas Southampton.

Laga ini begitu menegangkan bagi para Fans Liverpool terutama ketika tuan rumah unggul 1-0 hasil tendangan Shane Long hanya 9 menit pertandingan berjalan.  Skuat Saints unggul ketika Shane mengontrol umpan assis Pierre-Emile Hojbjerg untuk menembakkannya ke gawang Alisson.

Liverpool baru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-36, saat Naby Keita berhasil mencetak gol pertamanya untuk Reds memanfaatkan umpan silang bek sayap Trent Alexander-Arnold.

Babak kedua laga masih terus menegangkan karena gol dari Liverpool tidak kunjung lahir. Hanya tinggal 10 menit tersisa, ketika Mohamed Salah beraksi melepaskan tembakan luar biasa dengan kaki kirinya melewati penjaga gawang Southampton, Angus Gunn ke sudut kanan bawah gawangnya.  Gol ini merupakan assist dari Jordan Henderson dengan passing sundulan.

Bagi Salah gol ini juga merupakan golnya yang ke-50 selama berkarir bersama Liverpool dipentas Premier League. Akhirnya Liverpool menambahkan gol ketiga mereka hanya enam menit kemudian, ketika Roberto Firmino memberikan assis untuk Jordan Henderson untuk menyelesaikan.

Melalui Liverpoolfc.com (6/4/19), Jurgen Klopp memberikan penjelasan perubahan komposisi pemainnya : "Hanya membawa rotasi penyegaran, beradaptasi dengan lawan, beradaptasi dengan intensitas permainan kami. Kami memiliki hampir semuanya, sehingga kami dapat mengambil keputusan. Jadi kami membuat keputusan untuk permainan dan itulah keputusannya. "

Jurgen Klopp juga mengungkapkan ada beberapa alasan keputusan untuk menurunkan Fabinho dan Naby Keita masuk dalam starting eleven menghadapi Southampton malam itu. Fabinho dan Naby Keita menggantikan posisi Jordan Henderson dan James Milner yang bermain saat berhadapan melawanSpurs di Anfield akhir pekan lalu.

Menurut Premierlegaue.com (6/4/19), Liverpool menguasai permainan sepanjang laga hampir 67 persen. Memiliki kesempatan 17 tembakan ke arah gawang dan 5 tembakan tepat sasaran serta tiga diantaranya menjadi gol. Gol cepat Southampton hamper saja menyulitkan permainan Liverpool paling tidak hingga babak pertama usai.

Jurgen Klopp mengatakan hal ini adalah persoalan mentalitas. Namun kali ini Klopp memuji skuatnya memiliki mentalistas yang brillian. "Ya mentalitas brilian. Kami datang ke sini dan kami tahu Southampton adalah tim yang sangat berbeda sejak Ralph berada bersama mereka. Kami membutuhkan, tiga poin dan kami tahu betapa sulitnya itu. " Demikian Klopp mengatakan hal tersebut usai laga seperti dilansir Liverpoolfc.com (6/4/19).

Benar apa yang dikatakannya bahwa Liverpool menghadapai tekanan luar biasa karena harus memenangkan laga ini untuk tetap memelihara peluangnya meraih juara Premier League. Mentalitas brillian ini yang akan membedakan hasil akhir dari sebuah laga.