Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Setelah Juara Piala AFF U-22, Garuda Muda Tatap Kualifikasi Piala Asia

27 Februari 2019   05:26 Diperbarui: 27 Februari 2019   11:12 0 10 7 Mohon Tunggu...
Setelah Juara Piala AFF U-22, Garuda Muda Tatap Kualifikasi Piala Asia
Garuda Muda (Foto The AFC.com)

Sebenarnya keberhasilan Garuda Muda lolos ke final diajang Piala AFF U-22 adalah hal yang layak. Hal ini karena mereka bermain dari laga ke laga semakin membaik. Bahkan usai bertanding pada laga kedua melawan Malaysia di grup B, pelatih Ong Kim Swee sempat berkomentar bahwa Tim Indonesia menjadi salah satu favorit sebagai finalis. Omongannya terbukti Indonesia juara meraih Piala AFF U-22. Luar biasaa Garuda Muda. Selamat untuk skuat Indra Sjafri. 

Pencapaian Garuda Muda sebagai juara di ajang Piala AFF U-22 ini merupakan modal berharga menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 yang berlangsung di Vietnam. Menurut AFC.com (22/2/19) Indonesia berada di grup K bersama dengan tuan rumah Vietnam, Thailand dan Brunei Darussalam. 

Apakah dengan lolosnya Garuda Muda ke final dan juara menunjukkan mereka lebih baik dari Vietnam dan Thailand? Mereka adalah dua negara sebagai pesaing serius dalam kualifikasi AFC U-23 Championship bulan depan 22-26 Maret 2019 di Vietnam.  

Menurut Aseanfootball.org (24/2/19), selama perjalanan menuju final, Timnas U-22 selama di fase grup B, bermain imbang 1-1 dengan Myamnar dan 2-2 dengan Malaysia. Akhirnya dalam laga terakhir di grup ini berhasil mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor 2-0 sehingga Timnas U-22 lolos ke semifinal.

Vietnam adalah lawan seimbang di fase semifinal. Skuad Indra Sjafri ini akhirnya berhasil megalahkan Vietnam melalui gol tunggal tendangan bebas Luthfi Kamal. 

"Saya pikir pertandingan menarik yang diperagakan oleh kedua tim. Kami tahu Vietnam istirahat dua hari tapi tadi kita merespon mereka dengan cepat. Secara keselutuhan kami bermain kurang maksimal tapi Alhamdulillah satu gol sangat berharga," kata Indra seperti dilansir PSSI.org (25/2/19).

Sebenarnya Federasi melalui Ratu Tisha tidak memberikan target apapun dalam turnamen ini. Garuda Muda mengikuti turnamen untuk memperbanyak jam terbang saja. Namun demikian Indra Sjafri membuat suatu periode pencapaian performa untuk skuatnya.

Indra membuat target pencapaian yaitu target pertama lolos dari fase grup, semua tahu grup B merupakan grup ketat, lalu target kedua kemarin lolos ke final, dan nanti terakhir target membawa pulang Piala AFF U-22 2019. Target juara tercapai. 

Apapun yang nanti dicapai dari hasil ajang ini merupakan tahapan menuju target utama Garuda Muda untuk lolos dari kualifikasi AFC U-23 Championship di Vietnam yang berlangsung 22-26 Maret 2019.

Jadwal Kualifikasi AFC U-23 Championship 2020 yang berlangsung di Vietnam seperti dirilis The AFC.com (22/2/19), Pada machday pertama grup K, Indonesia berhadapan dengan Thailand, Jumat (22/3/19) pukul 16.00 WIB di My Dinh Stadium. Tuan rumah Vietnam berhadapan dengan Brunei Darussalam di Stadion yang sama pada pukul 19.00 WIB.

Matchday kedua, Minggu (24/3/19) pukul 19.00 WIB, Indonesia menghadapi Vietnam di My Dinh Stadium. Sebelumnya di tempat sama, pukul 16.00 WIB, Brunei berhadapan dengan Thailand.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2