Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pesan Pelatih Persib Bandung kepada Bobotoh Jelang Laga versus Arema

13 September 2018   05:02 Diperbarui: 13 September 2018   05:19 705 17 14
Pesan Pelatih Persib Bandung kepada Bobotoh Jelang Laga versus Arema
Mario Gomez, pelatih Persib (Foto Persib.co.id)

Liga 1 kembali bergulir usai libur panjang selama Asian Games 2018. Hingga pekan ke-20 Persib Bandung masih memimpin di puncak klasemen sementara Liga 1 dengan 35 poin diikuti Madura United 33 poin, Bali United, Barito Putra dan Bhayangkara masing-masing dengan 32 poin (Liga-indonesia.id 29/8/18).

Persib akan menghadapi Arema dalam pekan ke 21 Liga 1 pada Kamis (13/9/18) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Sebagai tuan rumah, Persib wajib mengamankan 3 poin dalam laga ini. Kubu Arema sendiri tentu saja ingin mendapatkan poin dalam laga tandang mereka.

Singo Edan berada pada posisi 14 klasemen sementara dengan 25 poin dan tren positif laga terakhir mereka sangat berpengaruh menyongsong laga lawan Persib ini. Apalagi saat ini ada beberapa pemain baru Arema yang baru masuk seperti Makan Konate dan Hamka Hamzah merupakan amunisi yang sangat berarti bagi Arema.

Dapat dipastikan pertandingan akan berjalan panas. Sangat wajar jika Pelatih Persib Mario Gomez menghimbau agar Bobotoh bisa  menjaga suasana tetap kondusif. Pelatih berusia 61 tahun itu tak ingin laga tercoreng akibat beberapa aksi oknum suporter yang dapat merugikan Persib. Hal ini sangat penting diperhatikan karena saat ini Maung Bandung tengah dalam jejak trek yang bagus menuju gelar juara musim 2018.

"Saya mengerti, nanti merupakan salah satu pertandingan dengan tensi tinggi. Namun sebagai fans yang baik, kalian harus tetap tenang pada pertandingan nanti. Jangan terprovokasi dengan beberapa hal pada masa lalu, keep calm," kata Abah Gomez kepada laman klub, Persib.co.id (31/8/18).

Pelatih satu ini memang sangat memperhatikan keberadaan suporter dan sangat menganggap penting adanya perilaku yang santun untuk kebaikan klub mereka. Bahkan stadionpun juga dia perhatikan dengan berharap saat laga kontra Arema para Bobotoh bisa bersama-sama menjaga serta dan merawat GBLA.

"Kita harus menjaga rumah ini dengan baik. Jangan sampai ada hal yang bisa membuat GBLA tidak bisa digunakan untuk pertandingan kandang. Saya percaya Bobotoh bisa melakukan itu semua dengan baik," kata Abah Gomez seperti dilansir Persib.co.id (31/8/18).

Belum pernah ada seorang pelatih memikirkan hal hal sedetail seperti yang dilakukan Gomez. Selain masalah teknis, taktik dan kepelatihan ternyata hal hal non teknis juga dipikirkan oleh Gomez.

Duet Persib Ezechiel dan Bauman (Foto Liga-indonesia.id)
Duet Persib Ezechiel dan Bauman (Foto Liga-indonesia.id)
Persiapan Persib menghadapi laga kandang pertama mereka seusai Asian Games ini, masih terus dilakukan. Ada beberapa pemain yang masih belum datang dalam sesi latihan ini seperti Bojan Malisic, Jonathan Bauman, Ezechiel N'Douassel, sampai Febri Hariyadi masih belum ikut dalam latihan. Namun Gomez tidak kehabisan pemain untuk sparing dengan skuat Persib Senior, 8 pemain muda Persib U-19 dilibatkan dalam sesi games internal mereka.

Persib mempersiapkan diri menjelang laga penting mereka di pekan ke 21 dengan target kemenangan atas tamu mereka yaitu Arema Malang. Ini adalah laga big match antara dua tim biru, antara Maung dang Singo. Siapa yang menang dalam laga ini? Kita harus sabar menunggu. Bravo sepakbola damai. 

#hensa #kompasiana