Mohon tunggu...
Hendro Santoso
Hendro Santoso Mohon Tunggu... Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ronaldo dan Messi Antara Piala Dunia dan Sepak Bola

25 Juli 2018   09:44 Diperbarui: 25 Juli 2018   09:50 0 9 8 Mohon Tunggu...
Ronaldo dan Messi Antara Piala Dunia dan Sepak Bola
Messi dan Ronaldo (Foto AFP)

Piala Dunia adalah pentas terbesar ajang sepak bola yang merepresentasikan pemain terbaik di seluruh penjuru jagad ini hadir. Mereka menunjukkan penampilan dengan kualitas terbaiknya untuk meraih Piala Dunia. Termasuk di dalamnya adalah Ronaldo dan Messi, dua ikon pemain terbaik Dunia dalam dekade ini.

Ronaldo dan Messi merupakan legenda sepak bola yang lahir dan hadir bersama menjadi simbol kebesaran klub dan negara mereka. Mungkin lebih tepatnya kebesaran nama mereka menjadi ikon penting bagi klub dan negaranya. Jika kita mendengan negara Portugal maka yang ada dalam benak kita adalah Ronaldo. Begitu juga dengan negara Argentina, maka Messi pasti ada bersama Tim Tango tersebut.

Bagaimana dengan klub? Hampir dipastikan bahwa klub Barcelona akan selalu identik dengan Lionel Messi. Namun untuk Cristiano Ronaldo, pemain ini menjadi ikon bukan hanya Real Madrid yang pernah diperkuatnya dalam beberapa tahun terakhir ini, tapi juga disana ada Manchester United. Bahkan sejak 10 Juli 2018 sampai 30 Juni 2022,  Juventus adalah klub berikutnya yang menjadi tempat berkarir.

Ronaldo bersama Manchester United sejak pindah dari Sporting Lisbon pada 12 Agustus 2003 sampai 1 Juli 2009. Memperkuat Real Madrid muali 1 Juli 2009 sampai dengan 10 Juli 2018 (Transfermarkt.com 10/7/18). Berbeda dengan Ronaldo, Messi sejak awal karir sepak bolanya hanya memperkuat sebuah klub yaitu Barcelona. 

Ronaldo dan Messi (Foto Fourfourtwo.com)
Ronaldo dan Messi (Foto Fourfourtwo.com)
Antonio Cassano, mantan pemain Nasional Italia ini menyamakan Cristiano Ronaldo seperti seorang Rafael Nadal dan Lionel Messi menjadi sosok seorang Roger Federer. Cassano yang juga mantan pemain depan Real Madrid memuji dua superstar sepak bola tersebut. Ronaldo dan Messi telah mendominasi dunia persepakbolaan selama dekade terakhir. Mereka masing-masing meraih 5 Ballons d'Or.

Cassano menuturkan alasan dengan membandingkan super star sepak bola itu dengan seorang petenis. Menurut Cassano yang sangat menyukai olahraga tenis. Ronaldo seperti Nadal, seorang atlet fantastis yang dibangun di atas bakat, tetapi juga kerja keras dan keinginan. Sementara Messi lebih seperti seorang Federer yang murni memiliki seni dan kelas yang tinggi. Mereka jelas sangat berbeda.

"Aku bersama Messi, karena dia bisa membuat perbedaan bahkan ketika berdiri diam, dia hampir tidak membutuhkan fisik dan kebugaran. Sedangkan Ronaldo, saya sangat mengaguminya karena kemampuannya untuk selalu fokus. Dia akan tetap dalam sejarah selamanya sebagai salah satu yang hebat dan dia layak mendapat kesuksesan ini, karena dia mendapatkannya melalui bakat, tetapi di atas semuanya melalui kerja keras." Demikian Cassano dalam penuturannya kepada Skysports.com (18/7/18)

Bisa disimak dengan jelas Ronaldo dan Messi berada ditengah tengah sepak bola. Ronaldo adalah simbol bakat, kerja keras dan sikap profesional yang selalu mengedepankan performa fisik yang terlatih dengan sempurna. Berbeda dengan Messi, inilah pemain dengan bakat sangat luar biasa tidak mudah disentuh tanpa harus membutuhkan fisik dan kebugaran.

Messi hanya berbagi ilmu dan bakatnya bersama Barcelona entah sampai kapan Messi berada di sana. Ronaldo telah lebih banyak memberikan dedikasinya terhadap sepak bola melalui 4 klub yang berbeda yaitu Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid dan terakhir mulai berkiprah di Juventus mulai musim 2018-19. 

Kedua super star ini tidak berhasil melanjutkan kiprahnya dalam Piala Dunia 2018 dengan tersingkirnya negara yang mereka perkuat di perempat final. Namun sumbangan terhadap sepak bola yang diberikan kedua bintang ini sungguh sangat mengagumkan.

#hensa25072018

KONTEN MENARIK LAINNYA
x