Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek, hobi menulis hanya sekedar mengisi hari-hari pensiun bersama cucu sambil melawan pikun.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Sikap Mental Profesional Gabriel de Jesus Teladan Bagi Pemain Muda

12 Oktober 2017   19:20 Diperbarui: 12 Oktober 2017   19:24 1331 8 7
Sikap Mental Profesional Gabriel de Jesus Teladan Bagi Pemain Muda
Brazil vs Chile (Foto Paulo Whitaker/REUTERS)

Salah seorang bintang Brazil yang bermain di Manchester City, Gabriel de Jesus memberikan komentar sebelum laga terakhir pada babak kualifikasi zona Amerika Latin untuk memperebutkan tiket Piala Dunia Rusia 2018.

Brazil memang sudah memastikan lolos menuju Rusia sejak Maret 2017 yang lalu, namun masih harus melakukan matchday terakhir melawan Chile.   "Kami telah lolos ke Piala Dunia dan ini tidak mengubah cara kami bermain dan keseriusan kami. Hal itu tidak akan berubah," ucap Gabriel Jesus yang menjadi andalan di lini serang Tim Samba seperti dilansir Fourfourtwo.com (10/10/2017).

Kalimat diatas diucapkan Jesus pemain berusia 20 tahun kelahiran Sao Paulo itu sebelum laga berlangsung. Jesus memastikan waktu itu untuk tetap bermain serius dan tetap konsisten bermain untuk menang. Sikap profesional yang sangat patut diteladani para pemain muda. Terbukti kata-katanya telah membuktikan sikap profesionalnya ketika akhirnya Brazil menang 3-0 atas Chile dan Jesus mencetak dua gol serta satu gol dari tendangan Paulinho.

Bayangkan bagi Brazil laga tersebut tidak ada pengaruhnya karena negeri samba itu sudah memastikan tiket ke putaran final Piala Dunia 2018. Namun tim samba ternyata tetap bermain menyerang dengan determinasi tinggi seperti ciri khas mereka selama ini. Harga diri sebagai mantan juara dunia rupanya dipertaruhkan. Brazil akhirnya berhasil mengalahkan Chile di Allianz Parque, Sao Paulo dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan, 11 Oktober 2017 pk 6.30 WIB.

Kemenangan Brazil ini secara tidak langsung telah berdampak pada lolosnya Argentina meraih tiket langsung menuju Rusia. Dikatakan tidak langsung karena Argentina tetap harus berjuang untuk menang melawan tuan rumah Ecuador di Stadion Olimpico Atahualpa.

Skuat besutan Jorge Sampaoli itu benar melumat Ecuador dengan skor 3-1 dan tiga gol Tim Tango hasil tendangan Lionel Messi. Kemenangan itu sangat melegakan Messi dan seluruh publik Argentina menyambut dengan gempita.

Lionel Messi Argentina (Foto Edgar Garrido/REUTERS)
Lionel Messi Argentina (Foto Edgar Garrido/REUTERS)

Kembali kepada Gabriel Jesus yang dalam laga kontra Chile juga berhasil menyarangkan dua gol dari kemenangan tiga gol Brazil atas Chile. Apa yang ada dalam benak kita tentang kesungguhan skuat Brazil ini? Tentu saja Brazil adalah tim bermental juara yang selalu serius bermain dalam situasi apapun. Motivasi mereka adalah selalu memenangkan pertandingan siapapun lawan yang mereka hadapi. Harga diri bangsa adalah segalanya. Mental juara yang hanya dimiliki oleh juara sejati dengan pemain-pemain berkarakter kuat juara.

Gabriel Jesus adalah fenomena  pemain muda yang sangat berkarakter kuat untuk menjadi bintang masa depan. Adakah pemain muda Timnas Garuda yang memiliki karakter seperti Gabriel Jesus?

#hensa12102017