Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

4 Alasan Pentingnya Merayakan Ulang Tahun Anak

11 Mei 2022   22:51 Diperbarui: 13 Mei 2022   02:31 977 78 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
4 alasan pentingnya merayakan ulang tahun anak | foto: Pixabay/ open_eyes—

Beberapa waktu lalu di rumah tetangga saya terdengar ramai suara anak-anak. Sepasang suami istri ini memiliki anak usia 2 tahun, sebut saja namanya Romy. Saya sudah menduga, pasti anak mereka berulang tahun. Sepertinya mereka adalah teman-teman gadis kecil berambut pirang di playgroup.

Di halaman rumah, ada tiga anak lain seusia Romy beserta orang tua mereka. Mereka sedang bermain bersama. Setelah saya perhatikan, terlihat beberapa balon digantungkan di sudut teras dan hiasan yang ditempelkan di dinding kaca rumah yang menghadap ke arah rumah kami.

Umumnya di sekitar lingkungan kami tinggal, anak-anak hingga usia taman kanak-kanak merayakan ulang tahun secara sederhana. Seperti Romy merayakan ulang tahunnya.

Menurut saya, sangat penting merayakan ulang tahun anak. Perayaan ulang tahun tidak harus selalu mewah. Setiap tahun, saya mengadakan acara peringatan ulang tahun anak saya, kecuali tahun 2020 saat pandemi corona sedang parah dan tidak ada kemungkin untuk berkumpul. 

Ulang tahun pertama anak saya begitu istimewa. Saat itu almarhum ayah saya sedang berkunjung ke Jerman. Beliau terlihat sangat bahagia bisa ikut hadir merayakan ulang tahun salah satu cucunya yang tinggal jauh.

Kue ulang tahun anak | foto: HennieOberst 
Kue ulang tahun anak | foto: HennieOberst 
Asal usul perayaan ulang tahun

Tradisi ulang tahun sudah dilakukan oleh bangsa Romawi. Namun, dulu bersifat religius dengan memberi penghormatan kepada dewa pelindung mereka. Anak yang berulang tahun tidak selalu harus hadir saat melakukan ritual ini.

Perayaan ulang tahun kemudian semakin sering dilakukan, semakin kaya semakin meriah acaranya. Seperti yang dilakukan para bangsawan saat mengadakan pesta ulang tahun mereka pada abad pertengahan. juga melakukan pesta pada ulang tahun mereka. 

Mengapa penting merayakan ulang tahun anak? Inilah 4 alasannya. 

1. Menghargai diri sendiri
Ulang tahun adalah hari istimewa, meskipun hari itu akan berjalan tetap sama seperti hari lainnya. Namun begitu, hari kelahirannya adalah momen berharga yang membawa kebahagiaan bagi keluarga, kerabat, dan teman-teman.

Anak yang berulang tahun akan merasakan bahwa satu hari ini adalah waktu yang sangat khusus. Dia adalah orang yang paling penting. Keluarga dan teman-teman mereka mengingat hari spesial ini dan memberi selamat. Kepedulian dan perhatian dari keluarga dan teman-temannya ini akan membuat anak-anak menghargai dirinya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan