Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Soto Medan, Kuliner Tanah Deli Digemari hingga Mancanegara

12 September 2021   03:11 Diperbarui: 10 November 2021   02:55 2795
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Soto Medan, kuliner Tanah Deli yang digemari hingga mancanegara | foto: HennieTriana—

Pas sekali topik pilihan Kompasiana dengan rencana saya membuat soto. Soto Medan tentunya, karena inilah yang sangat akrab dengan selera lidah saya yang terbiasa menyantap racikan ibu, dulu saat masih tinggal di rumah orang tua.

Ciri khas Soto Medan adalah santan dan bumbu dari beragam rempah. Paduan santan dan rasa rempah yang kaya ini menghasilkan tekstur kuah soto yang kental dengan rasa sedap yang membuat ketagihan.

Lazimnya, soto Medan disajikan dengan potongan kentang rebus, irisan telur rebus, perkedel kentang. Tidak ketinggalan juga, seperti sajian soto lainnya, taburan bawang goreng, irisan daun seledri, dan sambal bagi penyuka masakan pedas.

Seperti kebanyakan olahan soto dari berbagai daerah di Indonesia, daging sapi dan ayam adalah yang paling sering digunakan untuk membuat soto Medan.

Soto Medan  ini adalah salah satu kuliner nusantara favorit suami saya. Dia memang sudah cukup familier dengan makanan Indonesia, sejak kami belum berkenalan dulu. Setelah menikah dan sering mencicipi masakan saya, maka soto Medan menempati daftar masakan nusantara kesukaannya.

Bisa saya katakan soto Medan ini bukan digemari oleh suami saya saja. Bahkan teman-teman saya dari berbagai bangsa dengan selera asal yang berbeda-beda sangat menyukai masakan ini. Olahan dari bermacam-macam rempah yang umum ada di kuliner nusantara ternyata memang cocok dengan lidah orang dari mancanegara 

Sebetulnya, memasak bukan aktivitas yang saya gemari. Namun, keinginan untuk mencicipi makanan dari tanah air lebih kuat, mengalahkan ketidaksukaan saya. 

Tinggal jauh dari tanah air memang (biasanya) akan memaksa seseorang untuk memasak sendiri makanan yang diinginkan. Ditambah lagi jika berkeluarga dan memiliki anak. Ini juga salah satu cara untuk mengobati rasa rindu akan kuliner nusantara. Khususnya masakan khas dari Medan yang biasa saya nikmati saat di rumah orangtua dulu. 

Bagi yang tidak tinggal di Medan dan ingin mencicipi nikmatnya soto Medan, berikut ini saya bagikan resepnya. 

Ayo, kita buat bersama-sama soto Medan, masakan khas dari Tanah Melayu Deli. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun