Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Dear Orangtua, Jangan Lupa Lakukan Vaksinasi HPV pada Remaja

27 April 2021   06:06 Diperbarui: 27 April 2021   09:05 557 84 41 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Orangtua, Jangan Lupa Lakukan Vaksinasi HPV pada Remaja
Ilustrasi remaja | foto: freepik/rawpixel.com—

Saat mengunjungi Kinderarzt (Pediatri) pada pemeriksaan J1, dokter mengatakan bahwa anak saya sudah bisa diberikan vaksin HPV pada usia 13 tahun. J1 singkatan dari Jugendgesundheitsuntersuhung 1, yaitu pemeriksaan kesehatan remaja yang ditujukan bagi anak muda antara usia 12 dan 14 tahun. 

HPV (Human Papilloma Virus), jenis virus yang meningkatkan risiko tumor tertentu, terutama kanker serviks (leher rahim). Virus papilloma adalah patogen yang dapat menyebabkan peradangan dan perubahan kulit. Beberapa hanya terjadi pada manusia. Oleh sebab itu dinamakan human papilloma virus. 

Virus papilloma ini tersebar luas, sebagian besar wanita dan pria yang melakukan hubungan seksual dapat terinfeksi HPV setidaknya sekali seumur hidup. Umumnya, virus berhasil dilawan oleh sistem kekebalan tubuh dan menghilang tanpa menimbulkan gejala apa pun. 

Kemungkinan terinfeksi HPV pada wanita dan pria memiliki frekuensi yang sama. Namun, risiko berkembang menjadi kanker lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria. Pada wanita, risiko terinfeksi paling besar terjadi pada usia sekitar 30 tahun. 

Setiap tahun di Jerman, tercatat sekitar 6.250 wanita dan 1.600 pria menderita kanker yang disebabkan oleh infeksi human papilloma virus. 

Infeksi akibat virus ini tidak hanya pada alat kelamin dan reproduksi perempuan, tetapi juga pada laki-laki dan juga pada mulut dan faring (hulu kerongkongan). Penularan virus ini terjadi terutama pada kontak seksual. 

Untuk memberikan perlindungan dan mengurangi risiko kanker akibat human papilloma virus ini, maka disarankan untuk memberikan vaksin HPV pada remaja, sebelum dilakukan kontak seksual pertama.

Beberapa minggu lalu, anak saya telah mendapatkan vaksin HPV yang kedua. Bersyukur semua berjalan lancar. Di tengah pandemi seperti ini mendapatkan jadwal dokter sedikit lebih lama dari sebelumnya.

Biasanya, jika tidak banyak pasien, sewaktu-waktu ditelepon kami bisa datang langsung. Jarak tempat praktik dokter dari rumah kami relatif dekat, hanya sekitar 2 km. Hanya butuh beberapa menit mengendarai mobil untuk tiba di sana.

Vaksinasi HPV sangat disarankan pada remaja usia 9 hingga 14 tahun. Pada usia ini vaksin diberikan dua kali, dengan jarak minimal lima bulan. Untuk jarak vaksinasi di bawah lima bulan, diperlukan tiga kali vaksinasi.

Pemberian vaksin harus dilakukan sedini mungkin sebelum ulang tahun ke-18. Bagi remaja yang mendapatkan vaksin pertama kali pada usia 15 tahun, membutuhkan tiga kali vaksinasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x