Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Membersihkan Salju di Trotoar, Kewajiban Warga di Jerman

18 Januari 2021   05:19 Diperbarui: 18 Januari 2021   16:04 730 112 54 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membersihkan Salju di Trotoar, Kewajiban Warga di Jerman
Ilustrasi mobil pembersih salju - Foto: pixabay.com/pixel2013

Musim dingin tanpa salju memang terasa hambar, ibarat sayur tanpa garam. Pemandangan alam yang putih tertutup salju terlihat sangat indah dan romantis. Saya suka sekali memandangi butiran-butiran salju yang jatuh. 

Biasanya salju turun deras pada suhu antara plus 2 hingga minus 2 derajat celsius. Jadi pada saat turun salju, suhu udara tidak terlalu dingin. 

Salju yang banyak akan membuat anak-anak bahagia. Bermain di atas salju adalah kesenangan istimewa yang tidak bisa dilakukan sepanjang tahun. Oleh sebab itulah anak-anak akan dibiarkan bermain salju, misalnya "Schlittenfahren". Yang paling penting, pakaian yang dikenakan harus bisa melindungi diri. 

"Tidak ada yang namanya cuaca buruk, yang ada hanyalah pakaian yang salah."

Begitulah orang-orang di negara empat musim mengatakan. Pakaian harus disesuaikan dengan cuaca dan tempat.

Sudah beberapa hari ini salju turun terus menerus, saat saya menulis artikel ini salju masih turun di luar. Kami terpaksa menunda janji bertemu dengan penyewa rumah ibu mertua saya hari Kamis lalu. Setelah melihat ramalan cuaca, hanya hari Sabtu kemarin tidak turun salju seharian.

Di sini, jika ingin keluar rumah, melihat bagaimana ramalan cuaca adalah hal penting. Cuaca di Jerman memang sering berubah-ubah, jika tidak peduli, maka bisa-bisa salah mengenakan pakaian. 

Seharusnya di negara empat musim seperti Jerman, musim salju yang rutin adalah hal yang tidak perlu dipusingkan. Salju menumpuk di jalan adalah pemandangan yang normal. Iya, memang seharusnya begitu, tetapi kadang-kadang alam berbicara berbeda.

Masalah umum yang terjadi jika salju turun terus menerus seperti saat ini adalah padatnya jalan raya, terutama jalan tol, karena pengemudi harus menurunkan kecepatan kendaraannya untuk menghindari kecelakaan. 

Petugas pembersih salju (dari pemda) mondar-mandir melaksanakan kewajibannya membersihkan salju supaya tidak menumpuk di jalan.

Jalan masuk ke rumah barusan disapu (jalur berwarna hitam) - foto: HennieTriana
Jalan masuk ke rumah barusan disapu (jalur berwarna hitam) - foto: HennieTriana

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x