Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Bukan Bangsawan Saja, "Biru" Juga Sebutan Orang Mabuk di Jerman

13 November 2020   07:55 Diperbarui: 15 November 2020   17:24 614 73 25 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bukan Bangsawan Saja, "Biru" Juga Sebutan Orang Mabuk di Jerman
Ilustrasi mabuk - foto: Alexas_Fotos/pixabay.com

Warna sering digunakan sebagai ungkapan untuk menggambarkan hal atau keadaan tertentu. Kita kenal istilah yang menggunakan warna hitam, seperti hitam di atas putih, ilmu hitam, daftar hitam dan banyak contoh lainnya.

Warna lain yang sering digunakan adalah warna biru, misalnya, cetak biru, film biru, darah biru dan sebagainya.

Kenapa bangsawan disebut darah Biru

Istilah ini dikenal dari bangsawan Kastilia pada Abad Pertengahan di Spanyol. Berasal dari kata "sangre azul" (bahasa Spanyol), artinya darah biru.

Orang Spanyol pada umumnya memiliki kulit berwarna lebih gelap dibandingkan dengan orang Eropa tengah dan utara. Di samping itu, masyarakat awam biasanya bekerja di luar ruangan, kulit mereka menjadi kecoklatan karena terkena sinar matahari.

Sedangkan warna kulit keluarga bangsawan berwarna lebih pucat karena mereka keturunan orang Eropa utara. Kecenderungan kulit pucat ini berlangsung turun temurun karena mereka hanya menikah dengan sesama kaum ningrat.

Kondisi genetik warna kulit keluarga aristokrat ini menyebabkan pembuluh darah mereka terlihat lebih jelas berwarna biru. (Penjelasan ilmiah kenapa pembuluh darah berwarna biru, bisa dicari sendiri.)

Penjelasan lain mengenai darah biru adalah Hemofilia. Penyakit turunan yang menyebabkan gangguan pembekuan darah ini hampir pasti terjadi hanya pada pria.

Di beberapa keluarga aristokrat Eropa ada anggotanya yang mengidap hemofilia dan diturunkan kepada generasi berikutnya. Warna kulit penderita hemofilia terlihat lebih pucat karena mereka lebih memilih berada di dalam ruangan untuk melindungi diri dari kemungkinan cedera. 

"Blau sein"  Kenapa orang mabuk disebut biru?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN