Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - ---

Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Nature Artikel Utama

Sperrmüll, Jenis Sampah Besar dan Pengelolaannya di Jerman

26 Mei 2020   07:29 Diperbarui: 26 Mei 2020   10:35 738 66 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sperrmüll (foto:dokumol/pixabay.com)

Dalam setahun di wilayah tempat tinggal kami, ada satu kali pengangkutan gratis sampah besar rumah tangga. Selembar kalender seukuran A5 yang memuat jadwal angkut segala jenis sampah diberikan secara gratis setiap akhir tahun. Kalender ini juga bisa diunduh dari website masing-masing kota.

Jadwal pengumpulan sampah besar sering dilakukan pada musim semi, seperti yang baru dilakukan minggu lalu di tempat kami. 

Musim semi masanya orang melakukan bersih-bersih dan menyortir barang yang sudah waktunya diganti dan dibuang. Kami juga mengumpulkan barang-barang rumah tangga yang ukurannya besar untuk dibuang. 

Kebetulan putri kami sudah ingin mengganti sebagian perabotan di kamarnya, tempat tidur, kasur, dan meja belajarnya. Dia ingin tempat tidur yang lebih besar. Jika ada temannya menginap tidak perlu menggelar kasur ekstra, cukup tidur berdua di satu tempat tidur.

Anak yang memasuki masa remaja, inginnya barang-barang yang sesuai usianya. Meja belajar dan tempat tidurnya masih sangat bagus kondisinya, sayang sekali untuk dibuang, maka kami memasang iklan untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Di Jerman, hal seperti ini sudah biasa. Jika ada yang ingin memberikan barang yang sudah tidak diinginkan tetapi kondisinya masih sangat bagus, bisa membuat iklan gratis di surat kabar atau majalah lokal. Bagi yang membutuhkannya, seperti yayasan sosial maupun perorangan akan mudah datang untuk menjemput barang tersebut. 

Bagaimana dengan kasur? Terpaksa harus dibuang. Jarang sekali orang mau menerima kasur bekas, walaupun masih bagus. Barang-barang besar seperti kasur inilah yang termasuk jenis Sperrmüll.

Sperrmüll adalah limbah besar yang tidak bisa masuk ke dalam berbagai jenis tong sampah yang ada di rumah. 

Secara umum, Sperrmüll adalah benda dan perabotan besar yang bisa dipindah-pindahkan, seperti meja, sofa, kasur, tempat tidur, kereta bayi (stroller), dan sebagainya.

Barang-barang elektronik tidak termasuk ke dalam kategori Sperrmüll. Khusus untuk alat-alat elektronik harus diantarkan ke pusat pembuangan sampah.

Sampah-sampah besar ini dijemput pagi hari, sesuai tanggal yang tertera di kalender. Barang-barang ini harus di letakkan sehari sebelumnya atau malam harinya di halaman rumah di tepi jalan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan