Mohon tunggu...
Heni Nurani
Heni Nurani Mohon Tunggu... Guru - Mari membaca karyaku

Bekerja sama kunci utama sukses

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Makna Teman di Dunia

24 Februari 2024   10:32 Diperbarui: 24 Februari 2024   11:00 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Arti kata teman secara harpiah adalah orang yang kita kenal dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Hubungan disini dalam arti positip. Teman adalah orang yang selalu mengerti akan diri orang lain. Bukan hanya dalam suka namun dalam dukapun seorang teman berusaha untuk menghiburnya. Selalu peduli akan temannya dan saling membantu satu dengan lainnya. Tetapi ada sebagian yang mengabaikan makna teman. Berteman tapi bukan beeteman. Mereka memaknai salah arti dari kata pertemanan. 

Banyak di antara teman yang memanfaatkan salah satu temannya hanya untuk keuntungan pribadi. Berteman hanya karena hidup menggantungkan diri kepadanya. Berteman hanya karena ikut nebeng uang dan makan saja. Berteman karena dipaksa/ terpaksa atau karena keadaan. Berteman karena dia lebih segalanya dari kita jadi kita butuh dengannya. Kita merasa kalau segalanya sepihak tentu bukan dikatakan teman karena teman yang baik harus bisa menjaga nama baik teman dan takut kalau teman kita tersakiti, terluka ataupun teraniaya. Kita peduli dengannya. Sehingga teman yang baik akan menempatkan segala galanya hanya untuk teman. 

Itulah makna teman di dunia. Karena sejatinya teman yang selalu setia mendampingi kita adalah mata hati kita sendiri. Dan kelak teman kita disurga adalah amal kita yang sesungguhnya di dunia. Semoga kita menjadi teman bukan hanya sekedar teman tetapi teman didunia dan diakhirat. Dan yang terpenting jangan memilih milih teman tapi kita harus bisa menentukan pilihan untuk menjadi teman yang baik untuk orang lain sehingga orang lain senang berteman dengan kita.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun