Ekonomi

Hendri Sutadinata Maya Muncar - Bisnis Ternak Lele Dan Ayam

12 Oktober 2018   09:39 Diperbarui: 12 Oktober 2018   10:01 242 0 0

Hendri  Sutadinata Maya Muncar -- Pada dasarnya, ada banyak Jenis ternak yang menguntungkan dan memang sangat menggiurkan bila dijalankan untuk usaha beternak baik bidang peternakan atau perikanan. Namun banyak pertimbangan usaha yang memungkinkan usaha tidak mengalami kendala modal. Bagi pemula, jenis ternak kecil untuk bisnis sampingan dengan modal kecil menjadi pilihan untuk usaha budidaya ternak yang menjanjikan walaupun usaha skala rumahan.

Adapaun contoh usaha ternak yang menguntungkan dengan modal kecil berarti diharapkan ternak yang cepat menghasilkan banyak uang dibanding ternak lain yang kecenderungan lama dan membutuhkan biaya tidak sedikit. Selain pemilihan jenis ternak yang menjanjikan, kita perlu memiliki niat usaha dalam beternak agar usaha peternakan kecil tersebut bisa berkelanjutan. 

Hal yang perlu Anda ketahui sebagai calon peternak sukses adalah ternak itu makhluk hidup butuh makanan sehat, perawatan yang baik agar menghasilkan produk yang maksimal, baik itu berupa outputnya ternak itu sendiri, daging, telur maupun susu.

Jika Anda pemula dalam urusan usaha peternakan alangkah baiknya memilih ternak yang mudah dipelihara, pakan yang tidak terlalu mahal, karena pakan merupakan biaya operasional yang paling mahal bisa mencapai 60% dari keseluruhan biaya, jadi tipsnya agar bisa menghemat, buatlah pakan alternatif pengganti untuk pakan jadi yang relatif harganya lebih mahal. Pada artikel ini, Hendri  Sutadinata Maya Muncar akan membahas tentang dua jenis ternak yang bisa dilakukan dan sangat menjanjikan.

Pertama adalah ternak lele. Bisnis peternakan ikan lele masih menjadikan pilihan favorit bagi sebagian pelaku usaha. Sebab masa panen ikan lele lumayan cepat kurang dari tiga bulan sehingga keuntungan yang didapatkan bisa besar dalam waktu singkat. Apalagi usaha beternak lele bisa dilakukan di lahan sempit terbatas yaitu menggunakan kolam ikan lele dari terpal. Usaha yang memerlukan modal kecil dan mudah dijalankan ini cocok sekali dijadikan peluang bisnis bagi pemula.

Kemudian yang kedua adalah bisnis ternak ayam kampung. Bagi orang desa beternak ayam kampung sudah hal lumrah. Bahkan sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari. Mudah dijumpai di sebuah rumah di pedesaan, usaha ternak ayam kampung secara tradisional dan rumahan. Dari satu ekor ayam kampung berkembang biak hingga puluhan ekor. 

Adapun penjualan ayam mudah sekali. Setiap hari bandar ayam atau pengepul mendatangi langsung peternak ayam kampung untuk menawarkan pembelian ayam kampung dengan harga tinggi. Usaha peternakan ayam kampung bisa juga dikombinasikan dengan bisnis ternak ayam bangkok yang juga menguntungkan berlipat.