Bisnis Pilihan

Ingin Bisnis Terus Berkembang dari Waktu ke Waktu? Ini Tipsnya!

16 Mei 2018   13:55 Diperbarui: 16 Mei 2018   14:45 375 0 0
Ingin Bisnis Terus Berkembang dari Waktu ke Waktu? Ini Tipsnya!
(biz.kompas.com)

Hendri Sutandinata Maya Muncar - Arus perkembangan bisnis mengalam peningkatan yang cukup tajam saat ini. Kondisi ini diibaratkan "mati satu tumbuh seribu", dimana saat satu bisnis mengalami kebangkrutan, bisnis yang bergerak pada bidang yang sama mulai bermunculan ke permukaan.

Perkembangan dunia bisnis harusnya disambut dengan baik, karena secara tidak langsung akan memperluas lapangan pekerjaan di tanah air. Hendri Sutandinata Maya Muncar juga mengatakan, di sisi lain dengan banyaknya bisnis yang bermunculan, cadangan kas negara juga akan bertambah.

Namun, para pebisnis seringkali menjadi takut terkena perkembangan bisnis karena menimbulkan persaingan yang cukup ketat, terutama untuk bisnis yang bergerak di bidang yang sama. Sehingga ada kalanya juga bisnis mengalami stuck atau terhenti secara tiba-tiba.

Agar bisnis semakin berkembang, Anda bisa mengaplikasikan tips-tips yang akan dijelaskan oleh pimpinan PT Maya Muncar, Hendri Sutandinata berikut ini :

Lakukan Pengukuran Kinerja Setiap Tahun 

Perkembangan bisnis dapat diketahui dengan cara menilai bisnis sevara keseluruhan. Mulai dari unit manajemen, produksi, keuangan sampai dengan pemasaran.

Semuanya harus dikoreksi secara menyeluruh untuk mengetahui ukuran kinerja yang sudah dilakukan selama periode tertentu.

Penilaian atau pengukuran kinerja ini bisa dijadikan sebagai pedoman untuk memperbaiki performa perusahaan di masa yang akan datang. Sehingga dengan begitu, grafik pertumbuhan perusakaan akan bergerak ke arah yang positif setiap tahunnya.

Produksi Produk Berkualitas 

Memang tidak bisa dipungkiri jika kualitas produk menjadi komponen yang penting dalam perkembangan sebuah bisnis. Inilah sebabnya kenapa sebuah bisnis harus mampu memproduksi produk berkualitas untuk dijual kepada para konsumen.

Kualitas menjadi salah satu faktor penting karena sangat menentukan umur ekonomis sebuah produk. Jika produknya berkualitas, maka produk tersebut otomatis lebih awet dan tahan lama. Sehingga kualitas produk pun semakin di butuhkan di era modern ini gara mampu bersaing.

Membentuk Tim Kerja Yang Baik 

Dibalik bisinis yang sukses, terdapat pelaku bisnis yang juga sukses. Para pelaku bisnis ini tidak hanya sebatas manajer maupun CEO, namun juga karyawannya. Pertumbuhan bisnis tersebut dimotori oleh keduabelah pihak yang memiliki aspek kerja yang beragam.

Walaupun manager dan karyawan memiliki jenjang karier yang berbeda, keduanya haruslah mampu bekerja secara tim untuk menciptakankeserasian kerja.

Hendri Sutandinata Maya Muncar berpesan, jangan ragu untuk memberikan pelatihan da intoduksi kepada karyawan sebelum memulai tugas. Jadilah sosok pemimpin yang bijak serta bersahabat untuk menciptakan harmonisasi di dalam sebuah tim.

Layani Konsumen Sepenuh Hati 

Konsumen merupakan elemen yang sangat penting dalam berbisnis, karena tanpa keberadaan konsumen maka bisnis akan mati secara perlahan. Agar bisnis terus berkembang, maka Anda perlu melayani konsumen dengan sepenuh hati.

Pelayanan yang dimaksud tidak hanya sebatas dari segi produk, melainkan juga cara Anda berkomunikasi dengan konsumen. Pelayanan yang baik adalah cikal bakal tumbuhnya kesetiaan konsumen pada produk yang Anda jual.

Cari Investor Sebanyak Mungkin 

Tidak bisa dipungkiri jika keberadaan para investor memang menentukan laju pertumbuhan sebuah bisnis. Perusahaan yang berhasil mendapatkan investor tentunya akan lebih cepat berkembang, karena modal yang dibutukan cukup untuk melakukan ekspansi bisnis.

Inilah sebabnya, kenapa para pebisnis rela menguras tenaganya demi menarik perhatian investor. Karena para investor akan mudah untuk diajak berinvestasi jika bisnis yang Anda gluti memiliki prospek yang menjanjikan dalam jangka panjang.

Perluas Jaringan Bisnis 

Cara lain agar bisnis bisa berkembang dengan potensial adalah dengan memperluas jaringan bisnis. Selaku pemimpin, Anda perlu melakukan penyegaran terhadap strategi bisnis secara menyeluruh.

Menurut Hendri Sutandinata, pimpinan PT Maya Muncar, apabila strategi yang Anda gunakan masih sangat sederhana maka kembangkan strategi tersebut menjadi lebih kompleks untuk kemajuan bisnis.

Bisnis yang digeliti tidak luput dari target yang ingin dicapai. Karena itu, Hendri Sutandinata Maya Muncar berpesan kepada Anda agar jangan sampai lupa untuk menetapkan target sebagai tolak ukur pertumbuhan bisnis. Karena jika bisnis belum tercapai, Anda juga bisa lebih mudah untuk melakukan evaluasi serta perancangan strategi bisnis yang baru.