Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Blogger di www.sudutplambon.com, banyak membahas seputar dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gara-Gara Pandawara Groub, Trend Bersih Sampah Mulai Digandrungi Anak Muda

17 Januari 2023   17:04 Diperbarui: 17 Januari 2023   17:09 570
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: sragenupdate.pikiran-rakyat.com

Keren adalah satu kata yang cocok disematkan kepada sekumpulan anak muda yang menamakan diri mereka Pandawara Groub.

Para pemuda yang tergabung dalam pandawara tersebut terdiri dari 5 orang pemuda yakni Muchamad Ikhsan, Gilang Rahma, Agung Permana, Rafly Pasya, dan Rifki Sa'dulah.

Jika kebanyakan anak muda hanya menghabisakan waktu dengan nongkrong di caf, hiling, menghabiskan waktu bermain bersama teman-teman tapi tidak dengan kelima pemuda ini. Keseharian mereka dihabisakan dengan melakukan aksi bersih-bersih sampah di sungai. Aksi mereka tersebut kerab dibagikan di akun tiktik mereka @pandawaragroup. 

Lantaran aksi mereka tersebut banyak sekali warganet yang mengapresiasi mereka hinga video mereka ditonton oleh jutaan orang. Bukan hanya itu akibat begitu viralnya mereka dan mendadak menjadi panutan dikalangan anak muda akhirnya membuat banyak sekali akun tiktok serupa yang dibuat oleh kalangan anak muda untuk melakukan aksi bersih-bersih sungai maupun lingkungan sekitar.

Seakan trend bersih-bersih sampah sudah mulai menjamur dan bakalan menggeser trend lato-lato atau popularitas fajar sad boy dari jagad media sosial.

Jika selama ini jagat media sosial kita di penuhi oleh trend-trend yang tak berfaeda kali ini pandawara datang dengan gebrakan aksi mereka yang begitu luar biasa.


Salah satu akun tiktok yang mulai mengikuti jejak pandawara yakni @bocilkebersihan dimana terdiri dari sekumpulan bocil (Boca Cilik) yang suka memungut sampah pada aliran sunggai. Selain itu pada setiap caption di video yang mereka tayang pada akun tiktok ditulis mereka terinspirasi dari pandawara.

Memang perluh diakui media sosial jika kita manfaatkan sebaik-baik mungkin bakal menjadi hal positif dan dapat mempengharui banyak orang.

Lewat aksi pandawara muncul kemudian kelompok-kelompok anak muda yang mulai peduli terhadap lingkungan sekitar. Permasalahan sampah memang menjadi masalah yang belum kunjung diselesaikan di Indonesia.

Melalui aksi para anak-anak muda ini setidaknya mulai menyadarkan kita tentang pentingnya peduli terhadap lingkungan sekitar, dengan begitu permasalahan sampah perlahan-lahan mulai diselesaikan.

Pandawara menjadi inspirasi dikalangan anak muda dalam upaya mencintai lingkungan sekitar. Sosok anak muda seperti merekalah yang perluh untuk di ikuti jejaknya dan di buat makin viral agar lebih banyak anak-anak muda yang mengikuti jejak mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun