Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Prediksi Portugal Vs Swiss: Secara Statistik Swiss Lebih Unggul, Portugal Menanti Performa Cristiano Ronaldo

6 Desember 2022   18:46 Diperbarui: 6 Desember 2022   19:01 384
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: esquecimentoprofundo.blogspot.com 

Laga 16 besar Piala Dunia akan mempertemukan Portugal vs Swiss yang akan berlangsung, Rabu (7/12/2022), Pukul 02:00 WIB.

Portugal melaju kebabak 16 besar setelah bestatus sebagai juara Grub H dengan torehan enam point dari dua kemenagan dan sekali kalah ketika berhadapan dengan Korea Selatan, sementara Swiss merupakan runner up Grub G.

Pada laga terakhir grub G Swiss menang 3-2 atas Serbia dalam pertandingan di Stadion 974, kalah melawan Brasil dan Rossocrociati menang 1-0 lewat gol tunggal Breel Embolo pada awal babak kedua, Ketika Timnas Swiss melawan timnas Kamerun pada partai pertama Grup G Piala Dunia 2022 Qatar.


Jika kita lihat dari statistik pertemuan kedua Timnas di ajang Internasional tercatat kedua negara ini telah bertemu sebanyak 25 kali dengan kemenangan terbanyak berpihak kepada Swiss sebanyak 11 laga sedangkan Portugal hanya menang sebanyak 9 kali dengan sisa pertandingan berakhir imbang.

Pertemuan terakhir kedua negara ini  sebanyak dua kali pada 2022 tepatnya di UEFA Nations league. Keduanya saling mengalahkan di laga kandang mereka. Hal ini membuktikan kedua negara selalu bersaing sengit menghadapi setiap laga yang dilakoni.

Di lini pertahanan Swiss dikenal begitu kuat. Duet dari Manuel Akanji dan Nico Elvedi sejauh ini masih memberikan rasa aman bagi sang penjaga gawang, Yann Sommer. Akan tetapi dilini serang Protugal dikenal begitu tanjam  dengan sederet pemain bintangnya. Cristiano Ronaldo pastinya akan memimpin lini serang Timnas Portugal selain itu ada juga Bruno Fernandes.

 Sedagkan di lini belakang ada Pepe, pemain yang selalu buas terhadap lini serang lawan yang berusaha masuk ke pertahaan Portugal, walaupun umurnya sudah tidak muda lagi tetapi performanya begitu tajam dan ganas.

Untuk Squad Swiss  sendiri di Piala Dunia 2022 diisi daftar pemain seperti Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri. Selain itu  Ada juga nama-nama muda seperti Ardon Jashari dan Fabien Rieder. Untuk lini belakang, ada nama bek Manchester City, Manuel Akanji.

Catatan  pencapaian Swiss terbaik di Piala Dunia yakni mencapai babak perempat final pada tiga edisi piala dunia yakni 1943, 1938, dan 1954. Selanjutnya, mereka hanya mampu mencapai babak 16 besar dan lebih banyak kandas di babak penyisihan grub.

Di Piala Dunia 2018 Silam Swiss tampil mengejutkan pada babak penyisihan grub, Bersama Brasil, Serbia dna Kosta Rika, Swiss tak pernah kalah di babak penyisihan grub, Swiss lalu lolos ke babak 16 besar, sebelum dikalahkan oleh Ukraina.

Untuk Portugal sendiri catatan pencapaianya di lima edisi Piala Dunia terakhir belum bisa dikatakana bagus. Pada edisi Piala Dunia 2002 Portugal berakhir buruk lantaran mereka langsung tersisi pada fase grub.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun