Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Upaya Peningkatan Taraf Ekonomi

5 November 2022   10:29 Diperbarui: 24 November 2022   01:43 423
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi nelayan. (Sumber: pixabay.com/Quangpraha)

Permasalahan umum yang kita temui dari permasalahan daerah pesisir di Indonesia adalah kurangnya pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya meningkatkan keahlian masyarakat untuk mengelola potensi yang ada, seperti potensi perikanan dan potensi pariwisata.

Pemberdayaan bagi masyarakat pesisir bermaksud untuk dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka dengan melakukan berbagai pembekalan dan pengetahuan agar mereka mampu lebih maksimal dalam menggali potensi sumberdaya alam yang tersedia.

Sebelum membahas lebih lanjut terkait proses pemberdayaan masyarakat pesisir, kita terlebih dahulu harus melihat dan mengenali permasalahan yang dihadapi dalam pengolahan wilayah pesisir. 

Seperti dalam proses praktek perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian dalam upaya pengolahan wilayah pesisir yang belum banyak melibatkan masyarakat yang berkepentingan dengan kawasan tersebut.

Tidak jelasnya kewenangan dan tanggung jawab berbagai pihak dalam proses pemberdayaan masyarakat, ditambah lagi dengan lemahnya penegakan hukum dari peraturan yang sudah ada menyebabkan terjadinya berbagai pelanggaran tata ruang di kawasan pesisir, seperti kerusakan lingkungan dan terjadinya pengalihan fungsi lahan. 

Sehingga dari permasalahan ini, timbulnya pencemaran terhadap ekosistem yang ada dan berakibat pada hilangnya sumber makanan ikan.

Selain itu, ada hambatan-hambatan yang ditemui dalam proses pengembangan dan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Seperti contoh, kurang adanya komitmen masyarakat untuk bekerjasama dalam upaya peningkatan kemampuan mereka untuk mengelola potensi yang ada. Apalagi dengan keterbatasan anggaran untuk menyokong proses pemberdayaannya.

Dari berbagai permasalahan serta hambatan yang ada, maka dalam proses implementasi kita perlu mempunyai strategi pengembangan dalam upaya pemberdayaan masyarakat pesisir untuk mengembangkan potensi yang ada. Maka dari itu, strategi pendekatan yang bisa kita implementasikan, yakni:

  • Pendekatan Ekologi

Merupakan pendekatan yang memanfaatkan lingkungan pesisir semaksimal mungkin dalam beraktivitas dan meningkatkan perekonomian tanpa merusak lingkungan sekitar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun