Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Jika ingin mencari artikel seputar dunia pendidikan, politik dan olahraga tempatnya di sini..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Teknik Penulisan Artikel yang Kritis dan Kreatif

2 November 2022   06:16 Diperbarui: 3 November 2022   20:03 455
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
jika artikel ilmiah hendak dibaca dan dimengerti oleh banyak orang maka artikel tersebut perlu diubah menjadi artikel populer. (Sumber: pixabay.com)

Jika kamu sering membaca koran atau media online, kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis tulisan yang satu ini. Jenis tulisan ini merupakan tulisan non berita yang akan kamu temui pada media cetak, seperti majalah, surat kabar dan media online. Jenis tulisan tersebut adalah artikel yang mana isinya berupa data, fakta, analisis dan opini dari seorang penulis.

Bagi kalangan akademisi tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya artikel ilmiah. Namun sayangnya, artikel ilmiah hanya dimengerti oleh kalangan tertentu saja yang mahir pada bidang ilmu yang ditulis dalam artikel tersebut.

Hal ini dikarenakan artikel ilmiah kebanyakan memuat hasil penelitian dari seorang peneliti, sehingga artikel ilmiah sulit dimengerti oleh orang-orang awam.

Jadi, jika artikel ilmiah hendak dibaca dan dimengerti oleh banyak orang maka artikel tersebut perlu diubah menjadi artikel populer.

Artikel populer sendiri merupakan jenis tulisan berupa rangkuman dari artikel ilmiah yang disajikan ulang dalam bentuk bahasa yang lebih ringan. Tujuan dari artikel populer ini yaitu agar menambah jumlah pembaca.

Dengan mengubah model penulisan dari artikel ilmiah menjadi artikel populer, sudah tentu akan menambah wawasan para pembaca yang juga mencakup orang awam.

Jadi, bukan hanya akademisi yang mengerti tulisan tersebut.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu kita ketahui dulu ciri-ciri artikel populer:

Ringkas dan Jelas

Ciri pertama dari artikel populer adalah berisi pembahasan yang ringkas dan jelas. Selain itu, artikel populer ditulis secara padat, artinya informasi yang hendak disampaikan termuat dalam artikel tersebut dan lebih mudah untuk disimak oleh pembaca.

Mengandung Fakta dan Opini

Dalam artikel akan mengandung fakta dari suatu topik yang hendak dibahas. Bukan karangan atau rekayasa penulis semata, namun harus menyajikan analisis dari data dan fakta apa adanya tanpa dikurangi atau sengaja dilebih-lebihkan.

Selain itu, artikel juga memuat opini yang bersumber dari analisis data dan fakta yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun