Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Dilarang menayangkan ulang artikel baik seluruh maupun sebagian tanpa izin penulis.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Peranan Penting Seorang Ibu Rumah Tangga dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

3 Mei 2022   15:50 Diperbarui: 4 Mei 2022   02:09 186 11 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi ibu dan anak belajar (foto: ketut subiyanto/pexels)

Perempuan berpendidikan tinggi sibuk dengan pekerjaan di kantor dan wanita karir seperti bos di perusahaan besar mungkin adalah impian semua lelaki untuk menjadikannya istri. Lelaki siapa yang tidak mau memiliki istri yang punya kualitas pendidikan tinggi serta ekonominya stabil dan terpenuhi secara baik. 

Sebaliknya, orang sering meremehkan seorang perempuan yang hanya menjadi ibu rumah tangga yang kerja seharinya tak jauh-jauh dari sumur, dapur dan kasur.

Namun, setiap istri baik itu dia wanita karir atau hanya sibuk sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengurusi anak dan suaminya tetaplah wanita yang mulia.

Seorang ibu rumah tangga tidak bisa dianggap sebelah mata karena ternyata memiliki dampak yang sangat besar terhadap kemajuan bangsa ini khususnya di sektor pendidikan. Bisa saja wanita yang memiliki uang banyak menyekolahkan anaknya di sekolah berkualitas sejak anak itu masih usia dini.

Tapi, bagaimana dengan seorang ibu rumah tangga yang memiliki ekonomi pas-pasan? Gaji dari suami hanya cukup buat kebutuhan sehari-hari, memiliki pendidikan hanya sebatas Sekolah Menengah Atas atau bahkan hanya lulusan SD. Di balik semua itu, peranan besar mereka secara diam-diam dalam membangun bangsa tidak kita sadari.

Tidak perlu menceritakan kisah orang lain, tetapi cerita mengenai sosok seorang ibu rumah tangga yang berperan dalam mencerdaskan anak bangsa dapat saya lihat dari sosok ibu saya yang sejak kami kecil begitu berperan penting dalam mendidik kami. Ibu saya adalah contoh kecil dari ibu rumah tangga yang luar bisa dalam mencerdaskan anak bangsa.

Sedikit cerita, saya dibesarkan dari keluarga seorang guru. Ayah saya adalah guru Sekolah Dasar dengan pendapatan pas-pasan. Untuk menghidupi 8 orang anak, gajinya tidak akan cukup apalagi sampai menyekolahkan ke jenjang perguruan tinggi.

Ibu saya hanya seorang ibu rumah tangga yang tugasnya setiap hari bekerja membantu ayah saya selepas pulang sekolah di kebun dan mengurus kami.

Walaupun kami hidup pas-pasan, tetapi orangtua saya sangat begitu peduli terhadap pendidikan kami. Sejak kami masih kecil, kami sudah diajarkan banyak hal oleh ibu mulai dari tata krama, sopan santun, belajar menulis, menghitung, membaca dan lain sebagainya. Ibu saya hanya lulusan SMA sedangkan ayah hanya tamatan PGSD. 

Orangtua saya tidak memiliki pendidikan yang tinggi tetapi peran mereka dalam mencerdaskan kami begitu luar biasa. Terutama ibu yang punya waktu begitu banyak di rumah dengan kami.

Setiap pagi jam 4, ibu sudah bangun menyiapkan keperluan rumah tangga dan menyiapkan perlengkapan ayah buat ke sekolah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan