Mohon tunggu...
Hendra Wattimena
Hendra Wattimena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Alumni Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Pattimura

Blogger di www.sudutplambon.com, banyak membahas seputar dunia pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Metode Belajar Paling Ampuh

27 Oktober 2020   18:25 Diperbarui: 28 Oktober 2020   01:58 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: Pixabay

Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memahami sesuatu, menurut  Ernest R .Hilgard(1984) belajar diartikan sebagai suatu proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan, yang keadaanya berbeda dari perubahan yang di timbulkan oleh, lainnya.

Sifat perubahanya relatif permanen, tidak akan kembali kepada keadaan semula. Tidak bisa diterapkan pada perubahan akibat kelelahan, sakit, mabuk  dan sebagainya, sedangkan  W. Gulo (2002) mendefenisikan pengertian belajar sebagai suatu proses yang berlangsung di dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik tingka laku dalam berfikir, bersikap, dan berbuat. Jadi bisa disimpulkan belajar adalah kegiatan untuk mengetahui dan memahai sesutu yang berdampak untuk mengubah sikap dan perilaku seseorang.

Sebagai seorang Siswa maupun seorang mahasiswa kita kadangkalah sering tidak mengerti dengan materi  yang diberikan oleh guru maupun dosen, akirnya ketika ujian kita tidak tau harus mengisi jawaban apa di kertas, atau walaupun kita sudah belajar mati-matian tetapi ketika waktu ujian tiba apa yang sudah kita pelajari hilang dari dalam otak. Masing-masing individu memiliki metode dan cara belajar yang berbeda-beda. Ada orang yang hanya mendengarkan saja sudah memahami apa yang disampaikan, ada pula yang hanya membaca sekali saja sudah mengerti semua materi yang diberikan, namun ada yang lebih parah lagi ketika suda belajar berulang-ulang namun tidak mengerti materi tersebut. 

Tapi tenang kawan-kawan saya punyah solusi ampuh bagi kalian yang kalo belajar berulang-ulang kali namun sayangnya tidak mengerti dengan pelajaran yang di berikan, dan metode ini sudah saya lakukan sejak SD karena saya adalah tipe orang ketika ingin memahami sesuatu sangat sulit, dan daya ingat saya sangat lemah,  walaupaun saya suda belajar berulang-ulang kali namun kalo suda dalam waktu yang lama maka materi dari dalam otak saya akan hilang. Metode ini saya berinama  CBDH sebenarnya  metode ini sudah saya tulis di status akun facebook saya beberapa tahun lalu, untuk itu saya ingin menjelasakn secara detail metode tersebut pada artikel ini.
 

Metode belajar CBDH sendiri terinsiprasi namanya dari nama seorang teman saya yang namanya sangat panjang dan susah diingat untuk itu dia menyingkat namanya menjadi CBCH sedangkan pada metode ini saya mengubah huruf  C menjadi D biar susunan huruf yang saya bentuk dari awalaln pada setiap kata yang tersirat dalam metode ini sedikit nyambung. Jadi CBDH mempunyai arti yaitu CATAT,BACA,DENGAR,HAFAL. Sesuai dengan arti namanya  maka di fikiran teman-teman sudah menggambarakan makna dari metode ini, tak usah berbasa- basi  ayo simak penjelasan saya berikut ini.
 

CATAT: Saat belajar saya menyarankan teman-teman untuk mencatat atau membuat cakaran  setiap point-point penting yang disampaikan pengajar untuk kalian, setelah itu sesampainya di rumah kalian menulis kembali point-point penting tersebut ke buku catatn kalian dengan rapih. Maksudnya supaya  ketika kita menulis ulang pastinya apa yang kita tulis sudah kita fahami sedikit.
BACA: Setelah sudah di tulis dalam buku catatan teman-teman, materi tersebut kemudian di baca dengan lantang, saya menyarankan jangan baca dalam hati. Sambil baca diharpkan untuk merekam apa yang sedang kamu baca tersebut menggunakan handpone kamu.
DENGARKAN: Setelah itu kamu bisa dengarkan materi yang tadi kamu rekam ketika kamu sedang berjalan, buang air besar di toilet, sambil makan, atau membuat aktifitas lainya.
HAFAL: Ketika mendengarkan materi tersebut kamu pasti akan secara otomatis mengahafal apa yang didengarkan, seperti halnya kamu mendengarkan lagu, secara tidak sadar kamu sudah mengahafal  lirik dari lagu tersebut.
Metode ini disarankan untuk dilakukan berulang kali, dan jangan putus asah jika belum berhasil. Anda juga bisa mengaplikasikan metode ini dengan cara dan gaya anda sendiri, mana yang lebih nyaman untuk dilakuakn silakan digunakan. semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan sekalian.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun