Mohon tunggu...
Hendra Fokker
Hendra Fokker Mohon Tunggu... Guru - Pegiat Sosial

Buruh Kognitif yang suka jalan-jalan sambil mendongeng tentang sejarah dan budaya untuk anak-anak di jalanan dan pedalaman. Itu Saja.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Intifada, Rekam Sejarah Perjuangan Rakyat Palestina

24 November 2023   06:49 Diperbarui: 29 November 2023   19:15 750
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi peristiwa Intifada Al-Aqsa (sumber: AP PHOTO/MAHMOUD ILLEAN via Kompas.com)

Kiranya belum lengkap, jika membahas sejarah bangsa Palestina tanpa kisah Intifada. Kisah yang berawal dari Tragedi Nakba di tahun 1948 dan Perang Enam Hari tahun 1967. Selama beberapa dasawarsa Israel secara bertahap menguasai tanah Palestina.

Okupasi militeristik dan pengusiran paksa penduduk Palestina pada akhirnya memuncak dalam bentuk perlawanan massal. Yup, suatu bentuk perlawanan rakyat yang terorganisir melawan penjajahan, seperti masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia dulu.

Awalnya, terjadi aksi demonstrasi dari rakyat Palestina terhadap tentara Israel yang telah melakukan kekerasan. Namun seiring waktu, demonstrasi berkembang menjadi aksi perlawanan dengan dampak yang brutal dari aparat keamanan Israel.

Dari berbagai catatan peristiwa, terjadi beberapa kali peristiwa Intifada. Pertama pada tanggal 9 Desember 1987 dan Kedua pada tanggal 30 September 2000. Sedangkan yang tengah terjadi saat ini disebut-sebut sebagai Intifada Ketiga.

Intifada Pertama

Perlawanan Intifada pertama kali meletus pada tanggal 9 Desember 1987. Usai meninggalnya empat warga Gaza karena terjadi insiden dengan tentara Israel. Termasuk beberapa orang lain, yang terluka akibat peristiwa tersebut.

Taleb Abu Zaid adalah salah satu korban meninggal. Prosesi pemakamannya diiringi ribuan pelayat yang datang dari berbagai wilayah di Palestina. Hal ini kemudian memantik reaksi amarah yang kelak menimbulkan peristiwa sejarah perlawanan rakyat Palestina.

Ratusan demonstran ditangkapi, tanpa aturan hukum yang jelas. Puluhan lainnya meninggal karena aksi kekerasan antara rakyat Palestina menghadapi polisi Israel. Reaksi yang terbalas melalui serangan bersenjata dan bom molotov dari rakyat Palestina.

Sebuah peristiwa yang ingatkan kita pada pertempuran Surabaya 1945. Dimana ribuan rakyat serempak melawan kedatangan Sekutu (Inggris) yang dibocengi Belanda. Sama halnya ketika Inggris memberi dukungan kepada Israel untuk menjajah Palestina.

Gelombang perlawanan meluas di Tepi Barat dan Gaza. Walau dengan kekuatan senjata yang tidak sebanding antara rakyat Palestina melawan polisi Israel bersenjata lengkap, ungkap Robert J. Brym dalam "Intifada: History, Meaning, Cause, and Significance".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun