Mohon tunggu...
Hendi Krisdiyanto
Hendi Krisdiyanto Mohon Tunggu... Administrasi - Pemasaran media

Seorang manajemen di suatu perusahaan

Selanjutnya

Tutup

Money

Pemasaran Melalui Instragam

16 Desember 2019   11:20 Diperbarui: 16 Desember 2019   11:31 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Saat ini perkembangan informasi bergerak sangat cepat, dengan adanya perkembangan teknologi informasi serta komunikasi, manusia sudah mudah melakukan kegiatan berkomunikasi sehingga secara tidak langsung manusia menjadi masyarakat informasi, konsep masyarakat informasi muncul pada tahun 1970-an, di mana saat itu terjadi peralihan dari masyarakat industri menuju masyarakat informasi. Information society atau masyarakat informasi adalah suatu keadaan masyarakat di mana produksi,distribusi dan manipulasi suatu informasi menjadi kegiatan utama.

Menurut William Martin (dalam Syifa,www.geocities.com) masyarakat informasi adalah suatu masyarakat dimana kualitas hidup, dan juga prospek untuk perubahan sosial dan pembangunan ekonomi, tergantung pada peningkatan informasi dan pemanfaatannya. Sedangkkan menurut ilmu komunikasi, Masyarakat informasi adalah Masyarakat yang menjadikan informasi sebagai komoditas ekonomi yang sangat berharga, berhubungan dengan masyarakat lain dalam sistem komunikasi global,dan mengakses informasi super highway. (Abrar, 2003).

A. Media Sosial di Indonesia
Menurut penelitian yang dilakukan We Are Social Media,perusahaan media asal inggris yang berkerja sama dengan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia ,menghabiskan tiga jam 23 menit sehari untuk mengakses media sosial. Dari laporan berjudul Essential Insight Into Internet, social Media, Mobile and E-Commerce Use Around World yang di terbitkan tanggal 30 januari 2018, daro total populasi indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 130 juta dengan penetrasi 49 persen.

1. Facebook

Facebook sampai sekarang ini Facebook menempati posisi pertama dengan jumlah pengguna aktif terbanyak dan menjadi jejaring sosial dengan pengguna terbanyak dan terpopuler. Jejaring sosial ini dibuat dan didirikan oleh Mark Zuckerberg dan dibantu dengan beberapa teman yang juga menempuh kuliah di Universitas Harvard. Dalam pasaran Facebook tercermin dari sloggannya yaitu Facebook for Business yang dapat diartikan facebook tidak hanya di gunakan untuk mencari pertemanan dan berkomunikasi saja melainkan juga untuk tempat mengembangkan serta memulai bisnis .

2. Twitter

Jejaring sosial dengan pengguna terbanyak kedua adalah Twitter. Twitter terkenal dengan istilah kicauan karena sosial media ini berlambangkan burung. Di Indonesia sendiri tercatat sebagai salah satu dari negara di dunia dengan jumlah pengguna terbanyak, dengan 20 % pengguna Twitter berasal dari orang Indonesia.

3. Linkedin

Linkedin adalah jejaring sosial yang dibuat khusus untuk tujuan untuk melakukan transaksi bisnis dan berguna juga untuk menempatkan partner kerja serta dapat juga berbagi pengalaman dalam dunia kerja.

4. Instagram

Instagram menjadi jejaring sosial dengan pengguna terbanyak dengan menduduki posisi ketiga. Jejaring ini berisi tentang layanan berbagi foto. Situs ini memang sangat populer juga di Indonesia, rata-rata orang yang menggunakan Instagram mengunggah foto hasil karya mereka ke jejaring ini salah satunya adalah seorang fotografer. Jejaring sosial di bawah bendera facebook ini semakin hari semakin populer dan banyak pengguna baru. Untuk pengguna jejaring ini mencapai 150 juta pengguna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun