Mohon tunggu...
RACHMAD EFFENDI
RACHMAD EFFENDI Mohon Tunggu... pegiat kepramukaan

Satyaku kudarmakan darmaku kubaktikan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jota Joti 2019, Sederhana tapi Penuh Makna

19 Oktober 2019   02:00 Diperbarui: 19 Oktober 2019   01:56 0 0 0 Mohon Tunggu...
Jota Joti 2019, Sederhana tapi Penuh Makna
dokumentasi pribadi

Kuala Kapuas, 18 Oktober 2019
Selamat datang Jota Joti, inilah kegiatan yang di nantikan oleh seluruh anggota kepanduan dunia, salah satunya anggota pramuka indonesia. Jota Joti adalah kegiatan tahunan tingkat dunia dan merupakan kegiatan terbesar yang pernah dikelola oleh WOSM Setiap tahun, kegiatan ini diselenggarakan pada akhir pekan pada bulan oktober.

Pada tahun 2019 ini Gudep 01.013-01.014 pangkalan MAN Kapuas kembali mengadakan kegiatan Jota Joti secara mandiri, turut serta juga pramuka penggalang dari Gudep 01.011-01.012 pangkalan MTsN 1 Kapuas, Gudep 01.09-01.010 Pangkalan SMPN 1 Kapuas, dengan jumlah peserta kurang lebih 80 orang.Dengan memanfaatkan fasilitas Smartphone masing-masing peserta, membuka aplikasi Scoutlink untuk bergabung ke Kegiatan Joti dan Aplikasi CB Talk Permidnas untuk kegiatan Jota digital, seluruh peserta Jota Joti Mandiri langsung bisa berinteraksi dengan seluruh peserta dari Sabang sampau Merauke, walaupun pada hari pertama pembukaan terkendala hujan deras, tidak mengurangi semangat anggota pramuka untuk mengikuti kegiatan Jota Joti perdana ini.

Walaupun tidak ada peralatan khusus dan fasilitas pendukung lainnya, kegaiatan Jota Joti tahun 2019 secara mandiri dapat dilaksanakan, meskipun dengan peralatan sederhana berupa Handphone android saja di bantu dengan koneksi internet, akan tetapi kebangaan dan kesan penuh makna terpancar dari raut wajah peserta, bukan tanpa alasan, sebab bisa berkenalan dan mendapat pengalaman baru bisa berinteraksi dengan anggota pramuka di wilayah indonesia lainnya menjadi kebanggan tersendiri bagi para peserta Jota Joti. (Hendi)