Mohon tunggu...
Helwiyah ewi
Helwiyah ewi Mohon Tunggu... Guru - Lakukan Yang terbaik

Blogger. ,writer, teacher

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat Pilihan

HKGN, Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia

13 September 2022   00:47 Diperbarui: 13 September 2022   00:51 92 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Hari ini suasana sekolah nampak berbeda. Upacara bendera setiap senin pagi tetap berjalan walau mendung membayang .  Para petugas yang sudah berlatih 2 hari sebelumnya telah usai melaksanakan tugas ketika  tim  dokter gigi  berdatangan saling menyusul.  Sehari sebelumnya ratusan paket perlengkapan sikat gigi sudah diterima  penjaga sekolah, akan didistribusikan  dan digunakan para siswa hari ini.  HKGN  ( Hari Kesehatan Gigi Nasional )  yang dirayakan serentak secara nasional tepat pada pukul 09.00 senin tanggal 12 September 2022 . Tema yang diusung kali ini adalah  " Pulih Bersama  Dengan Senyum Sehat Indonesia, Bangkit Lebih Kuat, Bebas Gigi Berlubang"

Jika tanggal 9 September dirayakan sebagai Hari Kesehatan Nasional , maka tanggal 12 September   dicanangkan sebagai Hari Kesehatan Gigi Nasional.  Kegiatan spesial yang diadakan adalah memberikan penyuluhan, demontrasi dan praktik sikat gigi serentak  bagi  seluruh siswa dalam  satu sekolah. Beruntungnya sekolahku terpilih sebagai salah satu lokasi yang mendapat kehormatan untuk dikunjungi tim dokter gigi dari puskesmas kecamatan.  

Usai Upacara bendera, siswa dan guru masuk ke kelas untuk melakukan kegiatan pembelajaran seperti biasa,  karena kegiatan sikat gigi bersama akan dilakukan pukul 09.00.  Namun 08.30 diharapkan seluruh siswa  sudah berkumpul di lapangan untuk mendapat paket sikat gigi lengkap dari  tim dokter. Pukul 08.00 para dokter sudah memasuki seluruh ke kelas untuk menjelaskan teknis kegiatan dan  cara sikat gigi yang benar  pada siswa.

08,30, kegiatan  di kelas dihentikan, guru dan siswa berkumpul di lapangan.  Kembali siswa berbaris rapi dengan instruksi baris berbaris oleh bu  dokter, walau instruksinya salah, Seharusnya lencang depan ,malah lencang kanan. Tak masalah , karena kemudian semua siswa mendapat 1 kantong berisi odol(pasta gigi ), sikat gigi, air mineral botol kecil dan gelas plastik kosong sebagai wadah berkumur setelah sikat gigi.  Kembali bu dokter mendemonstrasikan cara  sikat gigi yang benar dengan menggunakan alat peraga mulut dan gigi. Setelah siswa memahami, maka semua serentak membuka kemasan sikat gigi, odol dan air mineral.

Teeeeeeet....... tepat  pukul 09.00 seluruh siswa menggosok gigi dengan diawasi oleh guru kelas masing masing. Tim dokter juga ikut berkeliling di barisan untuk memantau  cara siswa menggosok gigi, apakah sudah sesuai arahan atau belum.  Selesai sikat gigi, berkumur, tempat sampah pun diedarkan untuk menampung  sampah kemasan maupun gelas berkas kumur. Semua kembali bersih, gigi bersih, sampah pun bersih.  Seluruh siswa diminta untuk tersenyum memperlihatkan barisan gigi yang sudah di sikat bersama.  Kami tersenyum menyaksikan kelucuan tingkah anak anak kelas 1  dengan barisan giginya yang tidak lengkap alias ompong.

Kegiatan lapangan selesai, seluruh siswa kembali ke kelas. Lalu? acara belum selesai, karena tim dokter menyebar memasuki semua kelas . Kelasku di dibimbing Bu Dr Ani yang begitu sabar memberikan penyuluhan tentang  perawatan gigi bagi anak anak .  Walau agak gaduh, namun interaksi yang terjadi antara bu Dr Ani dan para siswa tetap berjalan.  Apalagi ketika dibuka forum tanya jawab, Adnan langsung tunjuk tangan. " Ibu ...aku mau nanya", teriaknya dari  barisan belakang.

" Ya... mau   taya apa nak?" tanya bu dokter lembut.

" Kenapa sikat gigi harus pake odol?  tanya Adnan.

" Ada yang tahu jawabannya? " 

" Odol untuk membuat gigi yang disikat menjadi lebih bersih dan sehat", jawab bu dokter

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan